Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Budidaya Tanaman Hias Untuk Pemula

Budidaya tanaman hias

Budidaya tanaman hias menjadi salah satu sebuah kegiatan yang tak hanya bisa menghibur, namun juga bisa menambah penghasilan bagi pelaku yang tekun dalam melakukannya. Ada banyak sekali kegiatan bermanfaat di rumah yang akhirnya menjadi hobi bagi sebagian orang. Bagi Anda yang hobinya suka mengelola tanaman, tidak ada salahnya untuk mencoba membudidayakannya sendiri agar mendapatkan penghasilan.

Tanaman yang tumbuh dan di rawat oleh diri sendiri tentu akan memberikan hasil kepuasan tersendiri dibandingkan kita membeli bunga secara.

Cara Menanam Tanaman Hias untuk Pemula

Pengertian budidaya tanaman hias adalah sebuah proses mengembangbiakkan tanaman hiasan mulai dari menanam benih, hingga menghasilkan tanaman yang baru.

Tahap pertama dalam pembudidayaan tanaman hias adalah dengan menanam menggunakan cara yang baik juga benar agar mendapatkan hasil yang sangat maksimal. Walaupun hanya terlihat seperti hobi, ternyata tanaman hias, manfaat dan tujuan budidaya tanaman hias ini cukup banyak sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba.

Bagi pemula yang belum terbiasa atau masih awam sekali dengan pembudidayaan tanaman hias, karena ada banyak cara budi daya yang mudah diterapkan.

Dimulai dari cara penanaman, hingga langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Pilih jenis Tanaman Hias yang Sesuai Kebutuhan Cahaya Matahari

Budidaya tanaman hias merupakan bagian dari jenis tanaman yang sangat sensitive terhadap keadaan lingkungan sekitar. Ada beberapa hal penting yang diper harus di perhatikan sebelum memilih tanaman hias, seperti banyaknya cahaya, tingkat kelembapan shu, dan penempatan sekitar tanaman hias.

Jika rumah Anda tergolong cukup teduh maka pilihlah tanaman hias yang tak membutuhkan banyak paparan sinar matahari, dan sebaliknya agar pertumbuhan menjadi optimal. Idealnya, rumah sebaiknya punya tiga kategori cahaya sebagai berikut, terang, sedang, dan redup.

- Cahaya Terang  

Kategori tanaman yang membutuhkan cahaya terang ini sangat memberikan keuntungan tersendiri, bagi tanaman hias sebab banyak tanaman hias yang betah mendapatkan asupan cahaya matahari yang tercukupi.

- Cahaya Sedang

Jika halam rumah memiliki cahaya sedang, maka tanaman hias yang bisa ditanam adalah wijaya Kusuma dan masih banyak yang lainnya. Bagi tanaman hias tersebut ini adalah cara menanam yang sangat tepat karena suhunya yang terbilang stabil.

- Cahaya Redup

Cahaya redup biasanya identik dengan tempat kurang asupan cahaya oleh  matahari, seperti rumah susun ataupun rumah-rumah perkampungan yang di kelilingi pohon-pohon.

Jenis tanaman hias yang cocok tumbuh di tempat dengan cahaya redup misalnya jenis tanaman hias seperti tanaman peace lily, hingga spider plant dan masih banyak tanaman lainnya.

1. Pilih Jenis Tanaman Hias Sesuai Tren

Tanaman hias punya banyak varian dan jenis, dan tak semuanya jadi tren. Ada baiknya untuk melihat kembali terutama di media sosial apa yang sedang jadi tren saat ini. Hal ini terutama juga penting bagi Anda yang ingin menjadikan tanaman hias sebagai bidang bisnis ataupun penhasilan.

Pilihlah jenis tanaman hias yang sedang tran di kalangan masyarakat. Pasalnya, permintaan dan harga jual akan sangat berpengaruh sekali dengan sesuai kebutuhan pasar di lapangan.

Jika tak ingin mengikuti sebuah tren, satu trik yang bisa Anda ikuti adalah dengan cara memilih tanaman hias yang memiliki daya tarik yang tak kunjung padam. 

2. Pilih Wadah Tanaman Hias yang Sesuai

Tanaman hias memang identik dengan hiasan yang variatif mulai dari tanamannya hingga wadah yang dimiliki dsain tersendiri. Tak heran, jika pot atau mug menjadi opsi pilihan yang unik untuk budidaya tanaman hias.

Salah satu cara tepat menanam tanaman hias dengan memilih sebuah wadah yang sesuai dengan karakteristik tanaman yang akan di tanam. Jangan terlalu besar dan kecil, sesuaikan dengan karakteristiknya karena sangat berpengaruh.

3. Teknik Pemangkasan Tanaman hias yang Estetik

Cara menanam tanaman hias yang juga perlu dipahami yaitu teknik menghias tanaman. Tanaman hias akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi jika ia memiliki bentuk yang unik dan estetik.

Namun, bagi sobat hias yang tidak memiliki kuncup atau bunga maka segera pangkas di awal musim pertumbuhannya agar mendapatkanhsil yang sangat maksimal.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memangkas daun dan bunga yang mati agar tidak menularkan kekeringan atau hal serupa kepada bagian tanaman yang lain tujuannya yang tak lain adalah agar tanaman terlihat subur.

4. Kontrol Manajemen Pemeliharaan tanaman hias

Ketika sobat merawat tanaman hias, lakukan penyiraman, dan pemupukan. Lakukan penyiraman secara teratur minimal sebanyak 3 kali dalam sehari yakni pada pagi siang, dan sore hari. Selain itu, gunakan air bersih untuk menyiram bagian tanaman dan berikan cairan obat.

Setelahnya lakukan pemupukan pada tanaman hias yang sesuai, pupuk berperan sebagai makanan tambahan bagi tanaman. Lakukan pemupukan dengan menambah NPK yang merupakan sebuah unsur dasar yang dibutuhkan oleh tanaman.

Semoga tulisan ini bisa sebuah acuan untuk menyiapkan untuk budidaya tanaman hias, serta menjadi sebuah inspirasi untuk budidaya dan wirausaha tanaman hias.

Posting Komentar untuk "4 Cara Budidaya Tanaman Hias Untuk Pemula"