Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini dia 6 Hama Padi yang Sering Menyerang

hama padi


Hama padi menjadi salah satu ancaman yang pasti sering di alami oleh para petani hingga saat ini. banyak cara pun terus di dilakukan petani untuk membasmi Hama tanaman padi oleh para petani. di beberapa daerah Setidaknya ada beberapa hama tanaman padi yang kerap sekali menggangu para petani . Apa saja Hama pada padi ? Berikut beberapa diantaranya kita bahas di bawah ini.

Jenis-Jenis Hama pada padi :

1. Hewan Tikus

Siapa sih yang gak tau akan Hewan Tikus ini,selain berada di rumah tikus juga suka berada di daerah pesawahan yang kerap  dianggap sebagai hama tanaman padi yang sangat menjengkelkan para petani. tikus-tikus ini biasanya akan aktif bweaksi kepada tanaman pada malam hari. Sedangkan untuk siang hari tikus akan bersembunyi pada lubang lubang yang sudah mereka gali sebelumnya maupun tanggul irigasi. Harus kita ketahui, ternyata tikus memiliki siklus berkembang biak secara cepat, sehingga dalam kurun waktu tertentu terkadang tikus jika tidak kita basmi akan menyebabkan gagal panen yang sering terjadi.

2 Hama Wereng

Hama Wereng tanaman padi yang kedua kerap di juluki  wereng. Jenis hama ini bisa menularkan virus seperti tungro.hama bisa menyerang  dengan cara menghisap cairang batang dan memberikan Virus yang dianggap berbahaya bagi perkembangan padi. Guna mengantisipasi hama wereng, petani bisa melakukan penyemprotan vitamin/obat-obatan pembasmi hama pada tanam padi. Atau bisa juga dengan melakukan cara menanam yang memperhatikan jarak tanam antara batang padi satu dengan lainnya agar tidak berdekatan.

3.Keong

Keong biasanya akan hidup dan berkembang biak di saat masa  masa pembibitan. hama keong pada tanaman padi ini jelas sangat merusak jalannya pertumbuhan padi karena dapat memakan bagian-bagian tanaman padi yang kita tanam untuk dimakan. Akibatnya, bibit padi per tanaman menjadi hilang. bukan hanya itu hewan ini juga suka berkembang biak di bagian tanaman padai Namun, langkah terbaik untuk pencegahannya dengan mengambil telur keong dan memindahkannya ke lain tempat. Anda pun jika tidak mau repot kita bisa memancing keong-keong tersebut dengan dau pepaya supaya berkumpul.

4.Kepik Hijau

Perlu di ketahui bahwa Padi yang terkena serangan hama kepik hijau memiliki bekas seperti tusukan pada batang tanaman padai. Sementara pada bagian buah .Dampak hama ini sebenarnya sangat serius dan bisa mengakibatkan kerugian juga bila tanaman padi terkena hama ini maka buah padi memiliki bentuk yang lebih kecil bila kita bandingkan padi dengan biasanya. Untuk mengantisipasi hama ini kita  bisa mulai memusnahkan telur-telur kepik tersebut dengan menggunakan obat pestisida semprot secara berkala pada tanaman padi sebelum hamanya makain banyak.

5.Walang Sangit

Bagi petani walang sangit pun menjadi hama padi yang serius mengancam pertumbuhan pada tanaman padai. Jika tanaman padi kita terkena hama walang sangit bisa saja membuat kualitas pada padi tidak  bagus dan nampak seperti keriput.. Selain pada tampilan padi walangsangit juga memberikan efek rasa pada beras tidak enak. Mengatasi hama walang sangit cukup semprotkan obat padi yang tersedia di toko maupun di online shope ke bagian tanaman padi atau tempat menjadi sarang walang sangit.

6.Burung

Hama burung biasny muncul ketika padi mulai berbuah dan menjelang masa panen.untuk mengusir burung sebenarnya cukup mudah kita hanya perlu membuat orang-orangan sawah biar burung itu merasa ketakukan dan pergi.

Nah,itu dia Hama tanaman padi sangat mengganggu para petani. Dengan mengetahui hama tersebut, kita yang mau mulai belajar tani mau pun sudah mahir di bidang budiday pada pastinya sudah lebih mewaspadai dampak dan bahaya dari serangan hama yang merugikan itu.

Posting Komentar untuk "Ini dia 6 Hama Padi yang Sering Menyerang "