Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Hidroponik ? Pengertian Hidroponik, Perkembangan Hidroponik Peluang Bisnis Hidroponik di Indonesia

Pengertian Hidroponik


Hidroponik di era yang semakin makin Modern ini Kini cara menanam tanaman sudah sangat modern sehingga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. salah satu cara yang mulai banyak di digunakan di kalangan petani sekala besar maupun rumahan dalam menanam tanaman dengan metode hidroponik.


Pertanian hidroponik merupakan cara tanam yang menggunakan media bantuan air, sehingga tanaman tidak langsung ditanam di atas tanah seperti cara menanam tumbuhan pada umumnya.

Apa Itu Hidroponik?

Hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah,Banyak Kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman ini berasal dari air, yang dimana segala kebutuhan dari tanaman itu sendiri berasal dari air.

Istilah hidroponik ini berasal dari bahasa Yunani,Secara tidak langsung pengertiannya  dari istilah tersebut adalah budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah.Sebagai media penyangga lainya pada  tanaman biasanya para petani hidroponik menggunakan batu apung, kerikil, sekam, serbuk gergaji, rockwool sebagai pelengkapnya.

Teknik menanam yang satu ini dari dulu banyak seklai digunakan oleh kalangan di perkotaan, karena banyak orang  di perkotaan tiadak memiliki lahan yang sangat luas jadi mereka memanfaatkan media tersebut di kehidupan sehari-harinya.

Teknik ini juga bisa  dibuat dari mulai skala kecil-kecilan. Baik yang hanya sekadar untuk menyalurkan hobi saja atau bisa juga untuk skala bisnis yang menguntungkan.Namun sebelum melakukan penanaman hidroponik dengan sekala besar banyak hal yang harus kita perhatikan, salah satunya adalah pemilihan jenis tanamannya itu sendiri.

Jenis tanaman yang paling sering ditanam oleh para petani dengan menggunakan teknik tanam hidroponik diantaranya yaitu selada, timun, tomat dan masih banyak jenis tanaman hidroponik lainnya.

Pengertian Hidroponik

pengertian hidroponik ? Pengertian hidroponik menurut para ahli yaitu jenis budidaya tanaman yang tidak menggunakan tanah tetapi menggunakan air sebagai media tanamnya dengan menambah kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

menanan tumbuhan dengan menggunakan air memang sangat cukup efektif dan efisien, tak heran jika banyak sekali orang yang menanam dengan teknik hidroponik yang dimana di tempat mereka tidak memiliki banyak pasokan air atau minim air.

Sejarah Hidroponik

Sejarah Hidroponik pada saat abad  ke 19, penelitian dari hidroponik semakin tersebar meluas ke beberapa daerah bahkan ke beberapa negara karena ditemukanya cara budidaya tanaman baru yang dinamakan hidroponik. Tetapi pada saat itu namanya belum hidroponik. Saat itu nama budidaya tanam yang baru ini masih dengan istilah budidaya perairan atau ada juga yang menyebutnya aquaculture.

Nah Penelitian hidroponik tersebut pertama kali ditemukan oleh William Frederick Gericke, yang saat itu ia mencoba menanam tomat dan berhail dengan metode hidroponik ukuran tinggi tanamannya yang berhasil mencapai 25 cm.

Dari penemuan itu lah cara menanam atau budidaya dengan hidroponik ini semakin meluas ke penjuru dunia dan berkembang pesat, termasuk penanaman hidroponik di Indonesia yang juga mulai banyak digunakan oleh para petani dan orang biasa.

Perkembangan Hidroponik di Indonesia
pada  tahun 1980 metode menanam  hidroponik mulai masuk ke kawasan negara Indonesia, dan pada saat itu cara menanam hidroponik di diperkenalkan pada masyarakat luas oleh Bob Sadino.

Ia mempopulerkan teknik menanam hidroponik di Indonesia pada saat itu juga sering menjadi narasumber sekaligus pakar dalam bidang agribisnis.

Awal mulanya cara penanaman yang unik ini hanya dilakukan beberapa orang dengan tujuan sebagai hobi atau kecintaan seseorang pada tanaman, yang ingin mencoba menanam tanaman tidak menggunakan tanah.

Bahkan tidak jarang banyak sekali orang yang menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias di pekarangan rumah, serta menjadi salah satu dekorasi di ruangan yang  menarik.

Namun, semakin kesini para petani atau penghobi tanaman hidroponik ini tidak di jadikan sebagai hobi semata, tetapi sudah menjadi budidaya tanaman yang komersial.

Ditambah dengan semakin mahal dan sempit lahan tanam di perkotaan, yang membuat banyak orang tidak dapat menanam tanaman sesuka hati.dan teknik menanam secara hidroponik menjadi solusi  dan alternatif .

Peluang Bisnis Hidroponik Di Indonesia

Banyak para petani di negara kita Indonesia yang mulai menggunakan teknik hidroponik ini dalam menanam tanamannya, bahkan potensi pasar hidroponik ini masih luas dan masih bisa berkembang di masa depan.

Permintaan sayuran  semakin meningkat, ditambah dengan harga sayurannya yang cukup tinggi. Maka tidak salah lagi peluang bisnis hidroponik di Indonesia telah menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Bahkan salah satu perusahaan di Jakarta membutuhkan 5  ton lebih sayuran hidroponik setiap harinya.

Itulah sebabnya budidaya sayuran hidroponik sangat menjanjikan, karena jumlah pembeli di pasar memang terus bertambah. jadi sangat cocok dijadikan sebagai satu diantara banyak cara untuk usaha pertanian.

ada juga beberapa pelaku usaha tanaman hidroponik bahkan mampu menghasilkan sayuran 10 ton setiap harinya.

Jika kitatertarik untuk menjalani bisnis  di bidang hidroponik di Indonesia ini maka kita masih bisa memenuhi kebutuhan pasar akan sayuran hidroponik yang jumlahnya mencapai 55%. Hal itu juga dirasakan oleh pengusaha hidroponik, yang mengembangkan bisnis ini tanpa melibatkan green house.

Nah itu dia Apa Itu Hidroponik  Pengertian Hidroponik  Perkembangan Hidroponik Peluang Bisnis Hidroponik di Indonesia dan akan kita bahas lagi hal menarik lainnya tentang hidropponik .

Posting Komentar untuk "Apa Itu Hidroponik ? Pengertian Hidroponik, Perkembangan Hidroponik Peluang Bisnis Hidroponik di Indonesia"