Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bentuk Pertanian Pada Lahan Kering Lengkap

bentuk pertanian pada lahan kering


Bentuk pertanian lahan kering adalah sebuah aktifitas pertanian yang dilakukan di lahan yang sangat kering. Namun demikian, untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang apakah yang dimaksud dengan pertanian lahan kering, sangat di anjurkan simak informasi selengkapnya sebagai berikut.
Secara umum ada dua jenis lahan di dunia pertanian, yakni lahan kering dan lahan basah.
Pada dasarnya kedua sebuah lahan tersebut sama-sama bisa dimanfaatkan untuk melakukan bercocok tanam oleh masyarakat sekitar, sehingga hal ini sering di jadikan penghasilan utama bagi mereka sebagai petani. Terutama untuk pertanian yang memiliki lahan kering, yang merupakan suatu bentuk usaha tani yang memanfaatkan lahan kering, atau tidak tergenang air di sepanjang tahunnya.

Pengertian Pertanian Lahan Kering

Pertanian lahan kering merupakan pertanian yang dilakukan di wilayah yang kekurangan pasakan airnya rendah dan sangat terbatas, bahkan ekstrim sekalipun saking keringnya. Lahan kering pada pertanian jenis ini biasanya cenderung sangat begitu gersang dan terkadang tidak memiliki sumber air, contohnya tidak memiliki irigasi air.

Jika kita bandingkan dengan negara lain di seluruh dunia, Indonesia ternyata menjadi satu-satunya negara yang memiliki sebuah lahan kering paling banyak. Hal tersebut tentu berkat dukungan iklim di Indonesia yang kebanyakan memang beriklim tropis dengan cuaca yang cukup panas.
Lalu untuk sumber pengairannya sendiri, petani lahan kering bergantung pada curah hujan.
Ciri Pertanian Lahan Kering

1. Memiliki suhu udara yang sangat tinggi dan kelembabannya rendah
2. Memiliki kadar air yang sangat terbatas
3. Air di sekitar lahan sedikit dan sangat bergantung pada curah hujan
4. Lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga sekitar
5. Berada jauh dari sumber mata air atau irigasi
6. Sering dimanfaatkan untuk tanam tanaman berbuah

Contoh Pertanian Lahan Kering

Tanaman yang bisa ditanam di lahan kering ternyata memiliki ada beberapa varian pertanian yang lebih banyak jika dibandingkan pada pertanian lahan yang basah.
Alasannya, lahan kering memiliki sebuah tanah yang lebih stabil dan cukup kuat. Sehingga membuat lokasi pertanian di lahan kering tersebut mampu menahan beban pada akar tanaman yang berukuran cukup besar sekalipun.
Hal itu pula yang menjadi varian hasil pertanian di lahan kering menjadi semakin banyak, begitu pun dengan perkebunannya.

Berikut ini beberapa jenis tanaman yang cocok sangat cocok ditanam pada pertanian lahan kering, contoh tanaman yang bisa ditanam di lahan kering dan menjadi komoditas paling utama pertanian lahan kering sebagai berikut :

1. Cabe
2. Terong
3. Tanaman buah-buahan
4. Ubi-ubian
5. Kacang-kacangan
6. Tanaman hias
7. Tanaman holtikultira

Jadi bila ada pertanyaan : sebutkan jenis-jenis tanaman pada pertanian lahan kering, maka beberapa contoh diatas dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Posting Komentar untuk "Bentuk Pertanian Pada Lahan Kering Lengkap"