Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Wortel Secara Organik Agar Panen Melimpah

menanam wortel

Cara menanam wortel sebetulnya tidak sulit seperti apa yang kita bayangkan,Kebanyakan masyarakat di indonesua menyukai wortel untuk pelengkap masakan maupun di buat menjadi jus worte. Nah, Jika tidaksalahnya jika kita mencoba menanamnya sendiri caranya cukup mudah kok. 

Pada artikel ini kami akan menunjukkan kepada Anda cara menanam wortel baik untuk konsumsi pribadi maupun kepentingan bisnis.Berikut Cara Menananm Wortel Agar panen melimpah :

Cara Menanam Wortel

1.Persiapan Lahan

Saat menanam wortel, permukaan tanah harus dibersihkan dari sampah dan bersih dari rumput, tujuannya supaya tanaman atau bibit wortel tumbuh tanpa ada hama dari tanah yang akan di tamam wortel.

Pemilihan Bibit Berkualitas

Dalam melakukan pemilihan bibit wortel dapat dilakukan dengan membelinya langsung dari took secara langsung atau membuatnya sendiri dari indukan yang memiliki kualitas yang sangat unggul. Jika Sobat lebih memilih membuat bibit sendiri, berikut langkah-langkahnya di antaranya:

a. Pilih wortel yang memiliki kualitas baik secara fisik

b. Potong 2/3 pada bagian ujung umbi wortel

c. Potong daun dan sisakan sekitar 5 cm saja

d. Siapkan bedeng unuk wortel

e. Lakukan penyiraman tanaman wortel setiap sore supaya maksimal

f. Bunga biasanya akan muncul dalam kurun 1 bulan dan mekar pada 2 minggu setelahnya keluar bunga

g. Jika bunga sudah terlihat agak kecoklatan maka tanaman siap untuk dipanen

2. Teknik Pembenihan Wortel

Memasuki dalam melakukan pembenihan pada wortel, Perlu menanam bibit dengan pupuk cair organik terlebih dahulu selama 50 menit sebelum melakukan penanaman. tujuan tahap perendaman dimaksudkan agar bibit wortel dapat tumbuh dengan cepat dan tidak terkena penyakit sehingga pertumbuhan wortel akan terlihat lebih seragam dan mendapatkan hasil maksimal.

 Mempersiapkan Media Tanam

Selain menyiapkan media tanah yang gembur, kedalaman untuk menanam wortel kurang lebih 50cm. Setelah itu segera taburkan pupuk kompos atau kandang sebagai media tanam wortel agar subur. Kemudian buat bedeng sebesar 150 cm dan tinggi antara 30 hingga 40 cm.

 Proses Penanaman Wortel 

Setelah bibit dan media tanam sudah siap, langkah selanjutnya masuk pada proses penanaman wortel. Proses penanaman wortel dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti di pot yang ada di rumah, atau polybag dan hidroponik. 

Langkah Penanaman Secara Hidroponik 

Cara melakukan penanaman secara hidroponik dengan menggunakan botol bekas dan air. Jangan lupa siapkan perlengkapan seperti paku, alat pemotong, berikut langkah-langkahnya lengkap:

1. Siapkan botol lalu bagi menjadi 2 bagian, dalam pemotongan usahakan bagian bawah lebih panjang.

2. Buat lubang dengan ukuran kecil di bagian tutup sebagai tempat masuknya sumbu.

3. Selanjutnya buat cairan hidroponik dari campuran air dan larutan nutrisi menggunakan AB mix. Sebaiknya tidak sembarangan menggunakan air.

4. Tanaman wortel siap dipanen setelah 2 hingga 2,5 bulan dan hasilnya pasti maksimal.

Nah, begitulah sobat cara menanam wortel secara organik semoga menjadi bacaan yang bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Wortel Secara Organik Agar Panen Melimpah"