Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Buah Yang Mengandung Asam Folat

Buah Yang Mengandung Asam Folat

Buah Yang Mengandung Asam Folat sebenarnya sudah sering sekali kita lihat dan tanpa sadari kita makanAsam Folat  atau yang disebut juga sebagai vitamin B9, merupakan vitamin yang larut air yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh .Asam folat dibutuhkan untuk perkembangan pada IQ, pembentukan sebuah DNA dan sel darah merah. 

Asam folat merupakan mikronutrien yang sangat penting sekali bagi ibu hamil dan wanita yang berusia usia reproduksi. Pada ibu hamil, asam folat membantu pembelahan sel, pertumbuhan dan perkembangan janin sehingga mengurangi risiko kelainan janin.

Pada umumnya wanita usia reproduksi dan wanita hamil wajib mengonsumsi asam folat setidaknya 400 mcg per hari sampai 3 bulan pertama kehamilan untuk mencegah kelainan janin yang di kandung. maka disarankan untuk mengonsumsi asam folat 4 mg per hari mulai dari awal kehamilan sampai 3 bulan.

Selain dari suplemen, asam folat bisa didapatkan dari buah yang mengandung asam folat. Yuk mari kita ketahui buah apa saja yang buah yang mengandung asam folat :

 Buah Yang Mengandung Asam Folat

1. Buah jeruk dan lemon

Selain rasanya enak dan segar, buah jeruk sebenranya kaya akan asam folat. Hanya satu buah jeruk yang berukuran besar dapat mengandung buah yang mengandung asam folat, atau sekitar 17% dari jumlah kebutuhan asam folat harian. Selain banyak mengandung asam folat, buah jeruk juga banyak mengandung vitamin C, vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit. Faktanya, pada berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah jeruk dalam jumlah besar menurunkan risiko terkena kanker payudara, kanker lambung, dan kanker pankreas dan masih banyak manfaat lainnya selain menjadi salah satu buah yang mengandung asam folat.

2. Alpukat

Buah yang mengandung asam folat yang kedua ini ternyata merupakan buah yang banyak digemari karena rasanya yang lezat dan enak sekali. Selain rasanya yang lezat, ternyata buah alpukat juga memiliki nilai gizi yang tinggi, termasuk asam folat. Setengah buah alpukat mengandung 82 mcg folat atau sekitar 21% dari jumlah kebutuhan asam folat harian. Selain asam folat, alpukat juga mengandung banyak seklai kalium, vitamin K, C dan B6. Tetapi Alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh yang melindungi terhadap penyakit jantung.

3. Pepaya

Rasanya yang manis membuat buah pepaya banyak digemari. Ternyata pepaya juga termasuk buah yang tinggi akan asam folat.  Selain itu, pepaya juga mengandung kandungan tinggi vitamin C, kalium, dan zat antioksidan. Meskipun begitu, wanita hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi pepaya mentah. Beberapa peneliti berspekulasi bahwa mengonsumsi buah pepaya mentah dalam jumlah besar mungkin menyebabkan kontraksi dini pada wanita hamil.

4. Pisang

Pisang sebagai buah yang bergizi, kaya akan beberapa vitamin dan mineral, terutama asam folat. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 23,7 mcg folat, atau setara dengan 6% kebutuhan harian. Pisang juga banyak mengandung nutrisi lainya, seperti kalium, vitamin B6, dan magnesium.1

5. Melon

Buah melon banyak mengandung nutrusi, termasuk menjadi salah satu buah yang mengandung asam folat dan masih banyak juga vitamin yang di kandung buah melon seperti vitamin K, magnesium, dan juga asam folat. Satu mangkok (atau 179 gram) buah melon dapat mencukupi kebutuhan asam folat harian sebanyak 99%.

6. Buah sitrus

Selain rasanya yang begitu enak, buah yang mengandung asam polat ini sangat menyegarkan dan juga tinggi kandungan atas folat. 

7. Mangga

Selain mengandung vitamin C tinggi, buah mangga mengandung asam folat sebesar 38%. Karena itu, buah ini baik dikonsumsi Ibu hamil mau pun orang pada umumnya.

8. Strawberry 

Secangkir buah Strawberry terkandung sekitar 26 mikrogram asam folat. Ibu hamil dapat konsumsi strawberry untuk mendapatkan kadar asam folat dalam tubuh selain menjadi buah yang mengandung asam folat Strawberry juga banyak mengandung vitamin lainnya loh.


Nah itu dia buah yang mengandung asam folat sangat mudah sekali di cari kan bahkan secara tidak sadar kita sudah mengkonsumsinya sedari awal.