Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Web Hosting yang Tepat Untuk Website

Web Hosting

Memilih web hosting terbaik sama halnya dengan memilih tempat untuk website. Namun, bukan berarti memilih hosting asal-asalan dengan prinsip penting ada tanpa memperhatikan kualitasnya.hosting yaitu sebuah komponen website yang sangat penting dan berguna untuk menyimpan semua file dan data website melalui cloud server.

Sebagian pengguna yang ingin memulai website mereka bahkan ada yang belum sama sekali memahami apa itu web hosting apalagi cara memilih web hosting terbaik.

Pada artikel kali ini infopetani.com akan membahas tentang cara memilih web hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan maupun dana dan juga sumber daya yang website Anda butuhkan.

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Pemula

Website yang sebenarnya Berfungsi untuk menyampaikan untuk menyampaikan informasi, sekarang pun dapat digunakan untuk memasarkan produk.

Berangkat dari hal tersebut, pengguna ingin memiliki website yang proper dengan harapan mendatangkan traffic yang tinggi atau bahkan memperoleh pendapatan secara online.

Namun, sebelum akhirnya dapat memiliki website, Anda tidak boleh melewatkan sebuah proses penting, yaitu memilih website terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda ke depannya.

Pasalnya, setiap penyedia hosting memiliki spesifikasi dan harganya masing-masing, dan tugas Anda adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan website Anda.

Nah, berikut adalah beberapa tips memilih hosting terbaik yang sudah kami rangkum dan telah kami buktikan efektif membantu menyesuaikan kebutuhan website pengguna.

1. Tentukan Platform yang Ingin Digunakan

WordPress hosting Platform yang digunakan untuk membuat website merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih web hosting.

dasarnya mayoritas website dibuat menggunakan platform WordPress yang terkenal lebih mudah digunakan dan SEO Friendly.

Selain WordPress, ada pula platform lain yang bisa Anda gunakan, misalnya seperti WIX, Joomla,Blogger dan banyak juga web hosting gratis lainya.

Meski berbagai jenis platform tersebut bisa berjalan di layanan web hosting paket apapun, tetapi Anda sangat disarankan untuk memilih paket hosting yang sudah dibuat berdasarkan kebutuhan.

WordPress hosting adalah jenis paket hosting yang sudah dioptimalkan secara khusus untuk dapat menjalankan web WordPress agar mendapatkan performa secara maksimal.Dengan begitu, pun bisa lebih produktif dalam memproduksi konten-konten blog melalui WordPress Anda.

2. Perhatikan Jenis Website

Faktor pertimbangan berikutnya dalam memilih untuk web hosting adalah jenis website.Sebagai informasi, layanan web hosting sendiri hadir dalam berbagai paket pilihan, dan salah satunya adalah untuk mengantisipasi hal ini.

Pasalnya, setiap website memiliki karakteristik yang berbeda-beda berdasarkan jenis dan fungsinya.

Misalnya, jika Anda ingin membuat blog atau website untuk kebutuhan pribadi, maka cukup menggunakan paket hosting murah seperti shared hosting .

Namun, jika Anda ingin membuat website berjenis toko online dengan banyak produk dan aktivitas kunjungan yang besar, Anda bisa memilih paket hosting virtual private server atau Cloud VPS yang tentunya memiliki performa  lebih baik.

Perlu di ketahui, hosting VPS memang diperuntukkan bagi para pemilik website yang berskala besar, karena sumber daya milik web hosting jenis ini hanya digunakan oleh pemiliknya.

Berbeda dengan shared hosting sumber daya pada satu server digunakan beberapa pengguna sekaligus.

Ketika salah satu pengguna shared hosting menggunakan sumber daya secara berlebihan, Anda pun juga akan terdampak.

3. Lokasi Target Pengunjung

Memilih hosting terbaik tentu tidak lepas dari kenyamanan dan keamanan data target pengunjung Anda.

Bila  memiliki target pembaca dari Indonesia, maka sudah seharusnya menggunakan provider web hosting yang memiliki data center di Indonesia.

Selain memangkas routing akan berdampak pada kecepatan loading, menggunakan hosting dari penyedia dalam negeri juga relatif lebih mudah dalam menjalin komunikasi ketika terjadi masalah.

4. Jenis Konten yang Disajikan

konten pada website akan sangat berpengaruh dalam menentukan paket web hosting.

Pasalnya, kebutuhan website yang mayoritas berisi artikel tulisan tentu akan jauh berbeda dibandingkan website  situs gambar atau wallpaper atau video streaming. Sebagai pemilik website, kita harus tahu tujuan pembuatan sebuah websit secara langsung.

Namun, bila ingin membuat situs untuk streaming video misalnya, tentunya menggunakan dedicated server .

5. Harga Web Hosting

Harga terkadang menjadi hal yang dapat membatalkan keputusan pengguna ketika memilih web hosting terbaik.

Memang, berbagai produk apa saja yang mengklaim dirinya terbaik pastinya sudah memiliki nilai yang tinggi, maka tidak heran bila harganya cukup tinggi dibanding yang lain.

Bahkan, konsumen juga enggan berpaling meski harganya tinggi karena memang mereka merasa mendapatkan apa yang diinginkan. Namun, bila Anda lebih jeli mencari informasi mengenai harga hosting terbaik dengan harga yang lebih terjangkau, sebenarnya di Indonesia sendiri sudah mulai banyak hosting murah dengan kualitas terbaik.

6. Kapasitas Hosting

Karena biasanya pembeli membuat website dari nol, maka tidak ada metode yang akurat untuk menghitung berapa kapasitas hosting yang dibutuhkan.

Besaran kapasitas  cloud storage dalam web hosting sendiri biasanya terdiri mulai dari 500MB sampai 1TB.

Selain digunakan untuk menampung file seperti artikel hingga file sistem, nantinya Anda masih akan membutuhkan ruang jika ingin melakukan backup data secara manual.

Nah cara memilih hosting terbaik untuk pemula, sekarang Anda bisa menerapkan cara tersebut ketika akan membeli hosting untuk website Anda.


×