Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menanam Pakcoy dari Biji dengan mudah dan agar cepat Panen

Cara Menanam Pakcoy dari Biji

cara menanam pakcoy dengan menanam pakcoy di polybag, sayur ini merupakan salah satu sayuran yang masih satu jenis dengan sawi. Jika kalian bosan dengan sayuran seperti sawi dan kangkung, kalian bisa menyantap sayuran pakcoy. Sayuran pakcoy juga merupakan kaya dengan nutrisi dan cocok bagi menu diet dan rendah kalorinya. 

Menanam pakcoy juga bisa dibilang sangat lah mudah, dan juga tidak membutuhkan waktu panen yang sangat lama. Pakcoy juga bisa untuk jadi pilihan sayuran bagi dibudidayakan di rumah kalian. Berikut ada beberapa langkah-langkah cara menanam pakcoy dari biji sampai panen.

1. Alat dan bahan

Alat dan bahan yang kalian dibutuhkan bagi menanam pakcoy berupa biji pakcoy, tray semai, sekop, media tanam, pot dan polybag. Pakcoy sangat banyak jenis dan varietas, di antaranya yaitu pakcoy merah, pakcoy hijau, dan pakcoy putih. Pilihlah biji pakcoy yang sangat bagus dan berkualitas sebelum menyemai benih. 

Bagi media tanam semai kalian juga bisa menggunakan sekam bakar, cocopeat, atau tanah humus. Setelahnya tanaman tumbuh, kalian bisa mencampurkan komposisi sekam, tanah humus, dan pupuk dengan perbandingan 2,2,2.

2. Semai biji pakcoy

Langkah-langkah menyemai biji pakcoy:

isilah oleh kalian tray semai dengan media tanam.

Lubangi pada setiap kotak tray semai dengan ujung jari. Jangan melubanginya  oleh kalian terlalu dalam, karena akar aka sulit tumbuh dan biji sulit berkecambah.

Masukkan 2-3biji pakcoy di pada setiap lubang tray semai.

Tutupilah biji-biji pakcoy dengan media tanam. Tutuplah dengan sangat tipis, supaya biji mudah berkecambah.

Siram tray semai dengan menggunakan semprotan air dan jaga terus untuk kelembapan pada media tanam.

Letakkan tray semai ditempat yang sangat teduh.

Setelah itu biji berkecambah, tanaman pakcoy boleh terpapar oleh sinar matahari.

3. Pindahkan tanam

Langkah-langkah pemindahan pada tanam:

Bibit pakcoy juga sangat bisa  dipindahkan pada saat berusia 13 hari atau sudah tumbuh 3-5 daun.

Cabutlah bibit pakcoy dari tray semai dengan sangat hati-hati. dan Jangan sampai pada akarnya patah.

Tanamlah segera bibit pakcoy dengan melubangi media tanam di tengah-tengah polybag atau pot.

Padatkanlah pada media tanam di dalam polybag atau di sekitar pakcoy yang baru dipindahkan.

Siramlah tanaman pakcoy sehari tiga kali.

Letakkanlah tanaman pakcoy di tempat yang sangat terkena sinar matahari minimal 4 jam sehari.

4. Perawatan

Lakukan penyiangan kalau tumbuh gulma pada sekitar media tanaman. Potonglah daun pakcoy yang sudah berwarna kuning atau kena hama, supaya tidak menghambat pada proses pertumbuhannya. Berikan lah pupuk kandang, pupuk organik maupun pupuk cair. Beri pupuk dua minggu tiga kali setelah pindah tanam. Supaya daun pakcoy sangat  cepat untuk tumbuh lebar.

Jauhkan pada tanaman pakcoy dari hewan yang seperti ayam, yaitu daun pakcoy sangat mudah untuk robek. Jika hama menyerang seperti ulat, gunakan obat cair lalu semprot kan pada tanaman pakcoy. 

5. Panen pakcoy

Pakcoy  juga bisa untuk dipanen ketika berusia 35-40 hari. Cara untuk memanen juga bisa langsung dicabut sampai akarnya, atau di potong pangkal pada batang pakcoy. Bagi menanam kembali pakcoy kalian  cukup merotasi media tanam yang kalian sudah digunakan sebelumnya.

Menanam pakcoy dari biji sampai proses panen tidak sulit. Kalian juga bisa membudidayakan pakcoy bersama dengan sayuran lainnya yang kalian punya masa tanam singkat. Contohnya bayam, selada, kangkung dan lainnya.

Itulah cara menanam sayuran pakcoy agar cepat panen dan panen pasti dengan sangat puas.