Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Menanam Kangkung di Rumah dengan sangat Mudah

Cara Menanam Kangkung

cara menanam kangkung dirumah dengan sangat mudah, Kangkung merupakan salah satu sayuran yang lezat dan merupakan sayuran favorit semua orang. Tidak heran jika sayuran satu ini sering menjadi menu di berbagai restoran dan makan di rumah. Ternyata, cara menanam kangkung di rumah juga tidak sulit, lho.

Tidak heran jika banyak orang untuk mulai menanam kangkung sendiri di rumah. Tentu, kangkung tanam sendiri pastinya akan terasa lebih lezat, apalagi jika dari hasil memetik kangkung di halaman rumah.

Lalu, Bagaimana Cara Menanam Kangkung di Rumah?

1. Pilih benih kangkung yang berkualitas

2. Siapkan media tanam

3. Berikan pupuk secukupnya

4. Buat lubang-lubang untuk menanam

5. Tanam benih dan beri campuran pupuk dengan tanah

6. Lakukan penyiraman rutin

7. Pangkas bagian kangkung yang rusak

8. Rawat dengan rutin dan kangkung siap panen

Lalu, Bagaimana Cara Menanam Kangkung di Rumah?

Apakah kalian tertarik? Jika ya, simak cara menanam kangkung di rumah berikut ini!

1. Pilih benih kangkung yang berkualitas

Hal pertama yang kalian harus  lakukan sebelum menanam kangkung yaitu memilih benih tanaman berkualitas. Kalian juga dapat mencarinya di berbagai toko perkebunan terdekat dan bisa juga membelinya melalui toko online terpercaya.

Selain memakai benih, kalian juga bisa melakukan stek pada tanaman kangkung lainnya. 

2. Siapkan media tanam

Selanjutnya yaitu, tentukan tempat bagi menanam kangkung. Ada dua cara menanam yang bisa kalian lakukan, adalah langsung di tanah dan menggunakan polybag atau pot yang cukup besar.

Namun, sebelum menanam kangkung, kalian harus memastikan tanah tersebut bebas dari tumbuhan liar ataupun gulma. Lalu, gemburkan tanah dengan menggunakan sekop dan buatlah tempat untuk tanaman atau yang juga biasa dikenal dengan istilah “bedengan.”

Sebagai untuk Hiasan Rumah

Berikanlah jarak untuk setiap bedengan kurang lebih 55 cm agar sistem pengairannya akan lebih baik. 

cara menanam kangkung di rumah

3. Berikan pupuk dengan secukupnya

Setelah media tanam yang kalian sudah siap, pastikan kalian menaburkan pupuk pada bagian atas bedengan yang kalian sudah buat. Namun, jangan langsung menanam kangkung setelah kalian memberi pupuk pada media tanam.

Biarkanlah pupuk tersebut selama kurang lebih 2-6 hari agar media tanam dapat sangat lebih mudah untuk menyerap nutrisinya. Kalian juga sangat perlu memperhatikan kadar pada pH tanah agar tidak terlalu asam dan mengganggu perkembangan kangkung.

Untuk menetralkan kadar pH pada media tanam, kalian juga dapat menambahkan kapur atau dolomit kurang lebih satu setengah ember kecil bagi satu karung pupuk. 

4. Buat lubang-lubang untuk menanam

Setelah menunggu 2-6 hari bagi penyerapan nutrisi pupuk oleh tanah, kalian sangat perlu membuat lubang-lubang tanam bagi meletakkan benih kangkung. Buatlah lubang dengan kedalaman 6 cm dan atur jarak antar lubang sekitar 14 cm.

Kalian juga dapat membuat lubang dengan model silang silang zig-zag agar saat kangkung dengan tumbuh nantinya agar tidak saling bertabrakan dan mengganggu pertumbuhannya yang lain. 

5. Tanam benih dan beri campuran pupuk dengan tanah

Setelah kalian membuat lubang, kalian juga bisa menaburkan 2 hingga 5 benih kangkung ke dalam lubang yang telah dibuat. Siapkan campuran tanah dengan pupuk kandang bagi menjadi penutup lubang agar kangkung dapat tumbuh lebih subur dan sangat berkualitas.

Setelah itu, tutuplah lubang menggunakan campuran tersebut, tetapi jangan terlalu penuh. 

menanam kangkung di pot

6. Lakukan penyiraman dengan rutin

Sebenarnya, menanam kangkung juga lebih baik dilakukan saat sedang musim hujan agar media tanamnya selalu lembap.

Namun, tidak salah jika kalian ingin menanamnya saat musim panas. Kalian hanya perlu rutin untuk menyiramnya pada setiap hari dengan air yang bersih agar kangkung dapat tumbuh dengansubur. 

7. Pangkas bagian kangkung yang rusak

Seiring berjalannya waktu, kalian akan melihat benih-benih kangkung mulai tersemai dan tumbuh daun. Namun, pastikan kalian memeriksa setiap bagian kangkung secara rutin, terutam pada bagian yang rusak. 

Jika kalian menemukan bagian kangkung yang sudah tidak sehat, maka kalian sangat perlu untuk memangkasnya segera agar tidak menyebar ke bagian yang lainnya.

Dengan sangat rutin memangkas bagian yang rusak, kalian juga bisa menjaga kangkung tetap sehat dan memberikan hasil panen yang sangat baik.

hasil panen kangkung

8. Rawat dengan rutin dan kangkung siap panen

Bukan hanya untuk memperhatikan bagian inti kangkung, tetapi kalian juga sangat perlu untuk membersihkan area sekitar tempat menanam sayuran satu ini. Pastikan area tersebut dengan sangat bersih dan terhindar dari tumbuhan liar.

Selain itu, kalian juga harus rutin memberikan pupuk pada kangkung, terutama setelah seminggu sekali kalian menanamnya. Rawatlah dengan sangat baik dan tunggu hingga 29 hari, sebelum waktu panen. 

Cara menanam kangkung di atas dengan sangat mudah, bukan? Jangan khawatir akan gagal. Karena jika kalian melakukan langkah-langkahnya dengan sangat benar,  pasti sayur kangkung kalian dapat tumbuh dengan sangat baik.

Itulah cara menanam sayur dengan baik dan benar dan pasti panen dengan cukup baik.