Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Merawat Kelinci agar bagus dan Berumur Panjang


8 Cara Merawat Kelinci agar bagus

berikut cara merawat kelinci agar bisa memiliki perawatan yang baik dan berumur panjang,kita ingin lho,punya kelinci  tetap bagus dan lucu, Memelihara hewan peliharaan memiliki banyak manfaat bagi pecinta hewan. Begitu pula dengan memelihara kelinci. Mengelus bulunya atau memperhatikan mereka melompat memberikan makanan. Namun tidak semua orang tahu mengenai cara merawat kelinci dengan benar dan baik.

1. Memilih Makanan yang bagus dan tapat

Cara merawat kelinci yang bagus dan tepat, dan sesuai dengan saran dokter tidak hanya dengan mengandalkan wortel, 

kangkung dan sayuran lain nya. Ternyata tidak, walaupun kelinci Anda nampak terlihat suka sama dengan makanan tersebut, tapi itu juga tidak menunjang nutrisi yang diperlukan. Ujung-ujungnya, kelinci yang kamu punya akan mudah mengalami gangguan pencernaan, setres dan berisiko mati.

Cara merawat kelinci yang bagus dan tepat adalah memberi makanan yang bernutrisari  mulai dari jerami sebagai sumber serat sampai cemilan  khusus agar kelinci senang. Akan tetapi, hindari memberikan kacang-kacangan pada kelinci karena jenis makanan ini tidak cocok untuk maknannya karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

2. Memastikan diberikan minun

Wahai para pecinta kelinci, cara merawat kelinci Anda tidak boleh mengabaikan dari ketersediaan air di kandang. Anda harus memberikan air untuk memastikan bahwa di kandang tersebut sudah tersedia air yang bersih. Untuk itu, taruhlah air didalam wadah khusus kelinci minum di kandangnya dan biasakan untuk mengecek serta mengisi ulang atau menggantinya tiap hari.

3. Kapasitas Kandang Layak

Tidak banyak yang tahu bahwa memelihara kelinci harus punya kandang yang besar, tapi sedikit orang yang tahu ukuran kandang yang tepat. Padahal, memilih ukuran kandang sendiri merupakan cara merawat kelinci yang benar. Ukuran kandang kelinci sebaiknya jangan terlalu kecil agar kelinci tetap nyaman bermain dan melompat di dalam kandangnya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan kandang dengan ukuran minimal 5 kali ukuran tubuh kelinci peliharaan kalian.

4. Bersihkan Bulu Hewan Lain

Dalam proses sistem pencernaan kelinci memiliki kerumitan yang tidak sama dengan hewan pada lainnya. Hal itu yang membuatnya sulit untuk memuntahkan suatu benda asing yang masuk ke mulutnya. Jadi, jika kamu memelihara hewan lain selain kelinci, perhatikanlah agar bulu hewan tersebut tidak ada di sekitar peliharanmu.

Begitu juga dengan atau gumpalan rambut yang rontok. jika kelinci kalian tidak sengaja memakannya, pencernaan kelinci Anda tidak maksimal berisiko mengalami gangguan dan bisa membuatnya kelinci kalian cepat mati.

5. Menempatkan Kelinci dalam Ruangan

Apabila Anda menempatkan kelinci di luar ruangan bisa menyebabkan sakit karna kedinginan, dan juga hewan kesayangan Anda menjadi rawan pada kematian. Apabila demikian, jangan heran kalau kelinci peliharaan Anda cepat mati. Cara merawat kelinci ini justru membuatnya mudah stres dan mudah mati karena merasa tertekan dengan keadaan lingkungan dan hewan lain yang bisa saja ada di sekitarnya.

Kelinci termasuk hewan yang sulit beradaptasi sehingga menaruhnya di luar ruangan akan membuatnya bekerja keras menyesuaikan diri dengan panas atau dingin, terang, maupun gelap. Oleh karena itu, sebaiknya peliharalah kelinci di dalam rumahmu.

6. Biarkan Kelinci Keluar Kandang 

Cara merawat kelinci yang baik jangan hanya meletakkan di dalam kandang seharian. Salah satunya dengan memberinya waktu keluar kandang setiap hari agar kelainci punya kebebasan. Membiarkan kelinci berkeliaran dengan lincah dalam 1-3jam dalam sehari bisa membuatnya lebih mampu berolahraga maksimal dan menjelajah berbagai area di rumah kalian. Ia pun lebih senang dan umurnya akan panjang.

7. Pantang Belai Bagian Belakang Kelinci

Bagian kepala dari kelinci adalah area yang sering di elus-elus oleh para pemiliknya, dan membuatnya seakan merasa disenangi dan disayangi oleh pemiliknya. Cara merawat kelinci yang seperti itu akan membuatnya merasa stres karena kelinci sangat merawat area kepala mereka. Sentuhan dan begian dari tanganmu di area tersebut bisa membuat mereka merasa gagal dalam menjaga area kepala. Kalau kamu ingin membelai binatang lucu ini, sebaiknya usap saja badannya secara perlahan agar .

8. Memelihara Lebih dari Satu Kelinci

Hanya memelihara satu kelinci sangat tidak direkomendasikan karena kelinci bisa kesepian. Mungkin kamu berpikir supaya lebih mudah memeliharanya, tapi justru cara merawat kelinci seperti ini akan membuat ia merasa kesepian dan semakin gampang stres. Kelinci adalah hewan yang bersosial sangat tinggi. Jadi, ia akan lebih bahagia jika punya teman atau pacar. Setidaknya, peliharalah dua hingga tiga ekor kelinci sekaligus agar mereka bisa bermain bersama sama.

Apabila kamu sudah terbiasa melakukan hal-hal cara merawat kelinci yang tepat, dijamin binatang peliharaan Anda yang satu ini akan berusia lebih panjang. Kamu pun bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat kelucuan kelinci yang menggemaskan.

itulah cara merawat kelinci agar sehat dan bagus