Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Anggur Cepat Berbuah dan Lebat

Cara Menanam Anggur Cepat Berbuah
Cara Menanam Anggur dengan mudah dan Selain memiliki rasa yang enak, buah anggur juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, mengandung begitu banyak manfaat dan vitamin.
Namun sayangnya anggur memiliki harga terbilang cukup mahal dan menguras kantong. Hal tersebut kemungkinan membuat orang-orang lebih memilih untuk membeli buah yang dengan harga yang lebih murah.

Sebagai solusinya kalian bisa juga menanam anggur dari biji bahkan bisa juga untuk di tanam dengan cara menanam anggur di halaman rumah. Cara menanam anggur pun sangatlah mudah, begitu pula dengan perawatannya. kalian juga bisa menanam anggur dalam pot.

Cara menanam anggur di pekarangan
Cara menanam anggur di pekarangan sangat lah mudah. Namun, ada sejumlah hal yang perlu kalian harus di perhatikan agar hasil panen bisa memuaskan untuk kita. Beberapa yang harus kalian disiapkan untuk melakukan penanaman anggur adalah sebagai berikut:

Lahan untuk menanaman anggur
Tanah dengan derajat keasaman (pH) 6,5-7,4
Pupuk organik dengan dosis sesuai jumlah tanaman
Tinggi air dan tanah tidak boleh kurang satu meter dari permukaan tanah 
Benih anggur yang jelas varietasnya. Pilih benih dengan umur 2 hingga 3 bulan, yang tidak mempunyai penyakit dan hama
Jika kalian sudah terpenuhi, cara budidaya anggur agar cepat berbuah bisa mengikuti langkah langkah berikut:

Keluarkan benih anggur dari polybag
Masukkan benih yang sudah kalian siapkan dan kalian masukan benih ke dalam lubang tanam
Tutup dengan pupuk kandang, kemudian padatkan tanah di sekitar batang
Pasang batang kayu kecil di samping tanaman anggur, fungsi batang kayu kecil gunanya untuk menahan tanaman angur
Segera gantikan benih jelek dengan yang baru. Tindakan ini dilakukan supaya tanaman dapat tumbuh seragam dan tidak kena penyakit.
lakukan penyiangan dengan membersihkan tumbuhan liar di sekitar tanaman anggur. Kehadiran tanaman liar dapat mengganggu bagi pertumbuhan.
Melakukan menyiraman dalam dua kali dalam sehari, kalian juga bisa pagi atau sore dalam hari. Apabila ditanam saat musim hujan, maka tanaman tidak perlu disirami karena kalau di siram tanaman anggur bisa menjadi mati.
Pemupukan secara berkala saat tanaman memasuki usia 70 hari. Pemupukan dilakukan setiap dua bulan dalam sekali menggunakan pupuk urea dengan dosis 14 gram setiap lubangnya.
Waktu panen anggur sangat berbeda-beda, tergantung varietasnya. Ciri anggur telah siap dipanen meliputi:

Tekstur buah tidak keras
Buah tidak sulit dilepas dari ranting ranting nya
Seluruh buah dalam satu ranting yang sama matang dengan warna seragam
Pemetikan untuk anggur sebaiknya dilakukan dengan pagi hari. Jika Setelah dipetik, segera masukkan ke dalam keranjang yang sudah disiapkan sebelumnya. Anggur Jangan ditumpuk karena buah ini mudah hancur jika disusun saling tumpuk.

Cara menanam anggur dalam pot
Selain itu juga menanam anggur di pekarangan, kamu juga bisa menanam tanaman ini di pot. Tidak memerlukan benih, kalian bisa penanaman anggur di lakukan dari biji. Namun cara menanam anggur dari biji kalian memerlukan waktu yang lama untuk menghasilkan buah.

Cara menanam biji anggur yang benar adalah sebagai berikut:

Belilah biji anggur yang beerkualitas sesuai dengan cuaca dan tempat tinggal. Jangan memakai biji dari anggur yang kalian makan karena mungkin tidak akan bertunas atau menghasilkan tanaman seperti aslinya.
Rendam benih dalam air hangat selama satu hari. Masukkan ke wadah kecil yang berisi lumut gambut basah.
Tutup dan simpanlah di wadah di lemari es dengan suhu 1-3 derajat Celsius selama dua bulan.
Setelah dua bulan, pindahkan benih ke media tanam anggur dengan kedalaman dua kali lebih dalam dari panjangnya. Taburkan benih dengan jarak 5 cm, simpan di bawah sinar lampu selama 15 jam sehari. Benih akan berubah menjadi bibit dalam waktu 3 minggu hingga 2 bulan.
Saat sudah muncul tiga set daun pada bibit, pindahkan bibit ke dalam pot berdiameter 15 cm. Kembali pindahkan tanaman ke dalam pot yang lebih besar 7 minggu setelah ditanam.
Apabila jumlah daun sudah bertambah mejadi 10 set, letakkan pada tempat yang teduh sebelum kemudian bertahap dipindah ke area yang dapat sinar matahari. Cara merawat pohon anggur dengan menyiramnya menggunakan 15 ml air tiap minggu. Pemberian pupuk bisa diberikan sesuai dengan aturan yang tertera di kemasan produk pilihan.
Tanaman anggur di pot yang ditanam dari biji membutuhkan waktu yang lama untuk berbuah. Umumnya, anggur baru akan berbuah 3 hingga 6 tahun setelah ditanam, tergantung varietas yang ditanam. Jika kalian ingin menikmati masa panen dalam waktu cepat, kalian bisa menanam anggur dari bibit lebih disarankan.

itulah cara menanam anggur agar cepat berbuah dan berbuah lebat