Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Nanas agar Berbuah dengan sangat Lebat

Cara Menanam Nanas

Cara menanam Nanas agar berbuah dengan sangat lebat - Nanas biasanya dihidangkan dengan dimakan ataupun dijadikan minuman seperti jus. Tidak heran kalau banyak orang yang menggemari nanas, sebab rasa buah dengan nama latin Ananas comosus ini, mempunyai salah satu buah tropis yang memiliki rasa yang manis keasam-asaman. Rasa tersebut juga sangat segar dan membuat banyak penikmatnya jatuh cinta kepada buah Nanas karena enak nya

Selain itu Nanas memiliki rasa yang sangat nikmat dan segar, nanas juga sangat kaya untuk kesehatan. Nanas mengandung berbagai vitamin dan mineral. Salah satunya adalah vitamin C yang sangat tinggi, serta kandungan enzim bromelain. Bagi mendapatkan manfaat tersebut, kalian juga bisa untuk mencoba cara menanam nanas sendiri di rumah.

Cara menanam nanas sebenarnya juga cukup sangat mudah. Di sisi lain, menanam nanas sendiri juga dapat menjadi peluang bisnis yang sangat bagus kalau dikembangkan. Sebab, buah nanas juga merupakan buah yang sangat banyak penggemarnya.

Cara Menanam Nanas yang Pertama

1. Pemilihan Lahan

Tanaman nanas juga cocok untuk di daerah dataran tinggi. Namun, nanas juga sangat bisa tumbuh untuk di daerah yang datarannya rendah. bedanya nanas di dataran tinggi lebih sangat berkualitas dibandingkan buah nanas tumbuh di dataran rendah. buah nanas yang tumbuh di dataran rendah, juga ukurannya lebih kecil dan bulat dibanding buah nanas yang tumbuh di dataran tinggi.

Tanah merupakan media tanam yang digunakan untuk tanaman nanas bertumbuh dan berkembang. tanah yang gembur juga sangat cocok bagi tanaman buah nanas. Jadi, tanah yang subur dan gembur dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman nanas dengan maksimal dan optimal.

Kalian juga bisa sangat untuk menggunakan tanah subur dengan seperti tanah lebu yang berpasir bagi menanam tanaman nanas. Selain itu juga, kalian juga bisa untuk menanam nanas dengan menggunakan media tanam berupa tanah vulkanik.

Tidak hanya gembur, tanah bagi menanam nanas tanah juga yang memiliki unsur organik. tanah yang memiliki unsur organik akan membantu pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman nanas bagi pengairan dan pengambilan nutrisi nanas melalui akar.

Namun, kalian perlu diketahui Nanas juga sangat membutuhkan cahaya sinar matahari langsung dengan selama 5 jam sehari. jangan sampai kekurangan sinar matahari langsung dalam sehari. tanaman nanas juga sangat cocok untuk berada di lingkungan yang memiliki suhu sekitar 25 sampai 32 derajat Celcius.

keasaman tanah yang cocok bagi nanas sekitar 5,7 sampai 7 pH. Hal ini juga agar tanah memiliki sifat drainase bagu membantu pertumbuhan dan penyerapan pada air melalui akar tanaman.

tidak disarankan untuk menanam nanas pada musim hujan. Karena, nanas sangat tidak cocok bagi lingkungan curah hujan tinggi. Hal ini juga membuat tanaman layu dan membusuk.

2. Lakukan Proses Pembibitan

Cara menanam nanas yang selanjutnya yaitu dengan melakukan proses pembibitan. Bibit tanaman nanas sendiri juga bisa didapatkan dari tanaman nanas yang bebas dari hama serta sehat. Bagimengetahui kualitas bibit, bisa untuk dilihat dari daun dengan warna segar, penuh, serta tebal.

Cara pembibitan sendiri juga bisa dilakukan dengan dua acara, yaitu vegetatif dan generatif. Namun, lebih direkomendasikan untuk melalui pembibitan vegetatif, karena proses pembuahan jiga bisa lebih sangat cepat. Bibit vegetatif menggunakan tunas batang, dan cara mengambil bibit vegetatif yaitu dengan memilih tanaman induk yang berbuah ataupun sudah panen. Kemudian pilih tunas batang berukuran 28 hingga 35 cm.

Selanjutnya yaitu tunas tersebut dipotong pada bagian daun yang terletak didekat pangkal pohon. Kemudian lakukan dengan penyemaian di polybag. Letakkan nanas di tempat yang teduh dan setelah bibit tumbuh baru, bisa untuk dipindahkan ke lahan yang telah disiapkan.

3. Menyiapkan Lahan Sebelum Ditanam

Kalian juga bisa untuk menggunakan tanah tegalan yang sudah digemburkan sebelum digunakan sebagai lahan menanam nanas. Kalau tegalan terasa sangat cukup gembur, maka tanah siap bagu ditaburi pupuk.

Selain itu jug, kalian sangat perlu juga bagi membuat bedengan yang fungsinya menghalangi genangan air. Sebab, genangan air juga bisa merusak pertumbuhan nanas. Cukup menggunakan bedengan dengan lebar 85 sampai 110 cm per tanaman.

Cara Menanam Nanas Selanjutnya yaitu:

4. Tahap Penanaman

Cara selanjutnya yaitu dengan masuk ke bagaimana tahapan cara menanam nanas. Ada baiknya bagi menanam nanas di awal musim hujan. Berikut langkah-langkahnya:

  •  Membuat lubang tanam berukuran 35x 35 x 35 cm.
  •  Beri jarak tanam sekitar 65 x 80 cm atau 45 x 65 cm.
  • Tanam bibit sampai 3-6 cm di bagian pangkal batang yang tertimbun tanah
  •  Pindahkan dan tanam bibit nanas pada lubang. Yang Cukup satu bibit pada tiap lubang.
  •  Padatkan tanah pada di sekitar pangkal bibit.

5. Proses Penyiraman

Cara menanam nanas untuk selanjutnya yaitu dengan melakukan proses penyiraman dengan sangat tepat. Meski nanas juga memang tahan dengan cuaca panas, namun supaya hasilnya yang maksimal dibutuhkan proses penyiraman yang sangat tepat. Proses penyiraman idealnya yaitu dengan dua kali sehari. Waktu terbaik untuk menyiram nanas pada pagi dan sore hari. Lakukan penyiraman dengan sangat rutin bagi merangsang pembuahan nanas.

6. Proses Penyulaman dan Penyiangan

Proses penyulaman juga bisa untuk dilakukan saat ditemukan tanaman yang terpapar hama dan penyakit. Proses ini juga sangat bisa untuk dilakukan paling lambat dengan satu bulan setelah masa penanaman.

Kemudian, lakukan juga proses penyiangan sebagai langkah antisipasi serangan gulma. Sebab, gulma juga bisa mendatangkan hama dan penyakit tanaman. Penyiangan juga bisa dilakukan pada setiap hari dengan membuang tunas-tunas yang kecil dan sesuaikan dengan pada pertumbuhan gulma yang ada di sekitar tanaman.

Cara Menanam Nanas Tahap Terakhir Yaitu:

7. Proses Pencegahan Penyakit dan Hama

Ada berbagai hama yang biasanya yang menyerang nanas, seperti lalat buah, ulat buah, kumbang, dan penggerek buah. Bagi membasmi dan mencegah hama tersebut, kalian juga bisa Untuk basmi hama yang dijual di toko pertanian. Namun gunakan pembasmi hama dengan sesuai dosis dan anjuran pada kemasan agar tidak menimbulkan efek samping pada tanaman yang bisa berkibat kematian.

8. Pemupukan

Proses pemupuk nanas juga  dilakukan dua kali. Pertama, saat pada usia 2-3 bulan. Lalu dalam waktu waktu 3-4 bulan sekali hingga tanaman nanas juga berbunga dan berbuah. Ada baiknya jika menggunakan pupuk yang mengandung fosfor, kalim, nitrogen, dan unsur hara mikro.

9. Tahap Panen

Ciri buah nanas yang siap untuk di panen yaitu sebagai berikut:

  • Mata buah lebih mendatar.

  •  Mahkota buah mulai terbuka lebar.

  •  Mahkota buah berbentuk bulat.

  • Tangkai buah mengecil karena tergantikan atau berubah menjadi buah secara keseluruhan.

Kalau nanas memiliki ciri-ciri yang diatas tersebut, maka sudah menandakan kalau buah nanas siap bagi dipanen dan dikonsumsi atau dijual.

Ketika akan memanen pilih buah nanas yang ber aroma harum. Kalau baunya harum maka menandakan buah nanas sudah masak ataupun matang. Sedangkan bagi mengambil buahnya, cukup potong bagian tangkai buah dengan pisau atau bisa menggunakan sabit.

Itulah cara menanam Nanas dengan baik dan benar panen melimpah.