Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Seledri Dengan Sangat Mudah Dan Hasil Bagus

Cara Menanam Seledri

Tanaman seledri yaitu merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat banyak untuk khasiatnya, sehingga sangat banyak yang merawatnya di rumah. Untuk kalian jika tertarik untuk budidaya seledri, simak cara cara menanam seledri dengan sangat mudah. 

Budidaya seledri terbilang sangat mudah, yaitu karena bisa untuk ditanam di mana saja dan tidak perlu perawatan yang sangat rumit.

Kalian bisa menanamnya di kebun, ataupun di pot, hingga juga bisa ditanam di polybag.

Selain itu juga, menanam tumbuhan seledri juga sangat menguntungkan yaitu sangat bermanfaat bagi masakan dan juga untuk kesehatan.

Hal ini juga dimulai karena semua bagian seledri memiliki banyak manfaat, mulai dari bagian daun, hingga batang, dan akarnya.

Tumbuhan kecil ini juga benar-benar banyak manfaatnya bagi manusia!

Jadi, yuk kita pelajari cara cara menanam seledri mulai saat ini!

Berikut ini cara cara menanam seledri yang sangat mudah kalian coba di rumah simak baik.

7 Cara Menanam Seledri dengan sangat Mudah

1. Potong Ujung pada Batang Seledri

batang seledri

Langkah yang pertama bagi menanam seledri yaitu dari sisa batangnya yaitu dengan memilih bibit yang berkualitas dan yang akan ditanam kembali.

Bagi mendapatkan bibit seledri yang terbaik, pilihlah tanaman yang memiliki batang yang besar dan masih segar agar seledri tumbuh subur dan bagus. 

Setelah itu, potonglah batangnya kira-kira 3 cm dari ujungnya.

2. Tempatkan di Wadah Berisi Air

Langkah berikutnya yaitu, tempatkan batang yang sudah telah dipotong tadi ke dalam gelas kecil atau mangkuk kecil yang berisi air.

Tapi, kalian juga harus mengganti gelas atau mangkok dengan botol bekas.

Pastikan air yang di dalam wadah tidak merendam semua potongan pada batang.

Bagi hasil terbaik, rendam batang seledri hingga setengahnya saja atau sekitar 2 cm.

Setelah itu, kalian tempatkan seledri di tempat dengan ada pencahayaan yang sangat baik dan suhunya tidak akan untuk menjadi sangat panas pada siang hari.

Kalian harus ingat, suhu udara juga bisa salah satu kunci penting agar seledri tumbuh dengan subur dan sehat.

3. Awasi Pertumbuhannya

budidaya tanamannya

Setelah beberapa hari disimpan di wadah berisi air, tunas tunas kecil dan daun kecil akan mulai bermunculan dari atas batang pada seledri.

Setelah seminggu, kalian juga bisa melihat batang yang kecil mulai tumbuh menjadi tunas seledri yang baru.

Jika kalian telah melihat tanda-tanda pada pertumbuhan tersebut pada bibit seledri kalian, segera pindahkan  ke wadah atau pot berisi tanah yang bagus.

Jika kalian tidak, bibit seledri kalian malah akan membusuk!

4. Pindahkan ke Dalam Pot Berisi Tanah

Setelah daun daun dan batang baru bermunculan di atas bibit seledri kalian, itu artinya kalian juga sangat perlu segera memindahkannya ke dalam pot tanah atau wadah lainnya.

Kalian juga bisa menanam kembali bibit seledri di pot, di botol bekas, dan kebun kalian. 

Namun kalian harus tau jika bibit seledri tidak boleh ditanam dalam tanah sembarangan.

Sangat untuk dianjurkan menanam bibit seledri di tanah subur dan sangat kaya nutrisi dan yang cocok bagi sayuran dan tanaman herbal.

Penting juga bagi di ingat, tanah bagi menanam seledri kamu harus juga dijaga agar terus lembab, tetapi kalian tidak boleh terlalu basah.

Dengan asupan dengan air, tanah dan cahaya matahari yang tepat, dijamin akan menjadi cara yang terbaik bagi menanam seledri agar tumbuh bagus. 

5. Penyiraman

penyiraman pohon seledri

Pada awalnya kalian, proses penyiraman tanaman seledri hanya perlu dilakukan setiap pagi dan malam hari hingga tanaman berumur satu minggu.

Setelahnya, durasi untuk penyiraman  tanaman seledri harus diturunkan dan sangt cukup dilakukan sebanyak 3-4 kali per minggu.

Tanaman seledri memang tidak perlu untuk disiram terlalu banyak karena pada dasarnya media tanam tumbuhan seledri tidak boleh terlalu becek atau tidak mau basah kuyuk. 

6. Pemupukan

Jika kalian membudidayakan tumbuhan seledri secara organik, maka penggunaan sangat di anjurkan untuk memberi pupuk organik cair yang sangat dianjurkan dan hasilnya akan sangat semakin bagus.

Pupuk organik cair juga bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko pertanian atau pun di online shop atau juga kalian bisa untuk membuatnya sendiri dengan mudah.

Cara memberi pupuknya dengan cukup siapkan 9 ml pupuk cair yang sudah dicampur dengan 2 liter air kemudian siramkan secara merata ke seluruh tanamannya.

7. Penanganan Hama

cara merawat seledri

Umumnya juga kalian,budidaya seledri pada media pot atau polybag jarang sekali terkena untuk hama atau penyakit.

Sebaliknya, hama dan penyakit lebih sering di jumpai pada budidaya seledri dalam skala yang sangat luasluas.

Bila hal ini terjadi, cobalah basmi hama-hamanya tanaman tersebut bagi menggunakan pestisida organik agar tanamannya tetap terjaga.

Itulah cara menanam seledri dengan sangat mudah