Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Srikaya Dalam Pot Di Rumah, Agar Hasil Melimpah!



Cara Menanam Srikaya

Meskipun memeriksa waktu yang sangat lama, siapa sangka srikaya juga bisa untuk kalian tanam di dalam pot, lho! Masih tidak percaya? Yuk simak cara dan penjelasan cara menanam srikaya dalam pot pada artikel berikut ini!

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa bagi pohon srikaya hanya dapat ditanam pada lahan yang sangat luas saja.

Padahal, buah yang ini merupakan buah yang sangat identik dengan rasa asam ini mampu tumbuh dengan sangat subur meskipun hanya ditanam pada pot, lho!

Terlebih lagi, budidaya tanaman ini juga boleh dibilang sangat mudah mengingat tanaman buah ini juga tidak sangat memerlukan media tanam yang sulit bagi diperoleh.

Apabila kalian tertarik bagi menanamnya, berikut panduan lengkap dan cara bagi menanam srikaya di pot yang bisa kalian ikuti!

Syarat Tumbuh Tanaman Srikaya

Syarat tumbuh tanaman srikaya

Hal ini juga harus perlu kalian pahami sebelum melakukan penanaman pohon srikaya yaitu dengan pohon buah satu ini amat menyukai daerah dataran rendah dengan ketinggian 2.000 mdpl.

Selain itu juga, pohon srikaya juga memiliki iklim yang sangat panas atau daerah yang tidak begitu dingin serta lokasi dengan curah hujan sangat tinggi.

Meskipun demikian, tanaman srikaya tetap bisa untuk tumbuh dengan sangat baik di berbagai jenis tanah serta mampu beradaptasi dengan sangat baik terhadap iklim yang lembab dan panas.

Cara Menanam Srikaya dalam Pot dengan Mudah. 

1. Memilih Bibit Srikaya

Cara menanam srikaya di pot juga yang kalian butuhkan yang pertama ialah kalian harus memilih bibit tanaman yang unggul.

Adapun kriteria bibit srikaya yang sangat bagus dapat ditandai dengan tumbuhnya bunga pada bibit tersebut.

Sebab, bibit jika sudah berbunga memiliki potensi besar bagi berbuah dengan sangat cepat.

2. Menyiapkan Pot dan Media Tanam

Cara menanam srikaya juga kalian harus Siapkan pot dengan diameter 50 cm dan campuran media tanam bagi mengisi pot tersebut.

Media tanam terbaik bagi menanam srikaya terdiri dari:

Tanah

Pupuk kandang

Serbuk gergaji

Sedangkan bagi mencampur ketiga material media tanam tersebut menggunakan komposisi 2:1: 2.

Selain material di atas, kalian juga sangat bisa untuk membuat media tanam menggunakan campuran bahan-bahan sebagai berikut:

Tanah

Sekam

Dan humus bambu.

Sedangkan untuk rasio perbandingan campuran di atas adalah 1:2:1.

Selanjutnya, kalian juga harus melapisi bagian dasar pot dengan menggunakan material berupa pecahan genteng, bata merah, atau bisa juga memakai ijuk.

Baru setelah itu kalian juga bisa untuk memasukan media tanam yang sudah kalian buat dengan material yang sudah kami sebutkan di atas tadi.

3. Masukan Bibit Srikaya dalam Pot

Cara pertama yaitu dengan membuka lapisan polybag yang membungkus, kemudian letakkan bibit srikaya kedalam pot tepat di tengah-tengah media tanam.

Setelah itu juga kalian siram bibit yang kalian sudah di tanam di dalam pot menggunakan air bersih, kemudian letakkan bibit kepada tempat yang terkena cahaya sinar matahari.

Diamkan bibit sampai kurang lebih satu Minggu.

4. Penyiraman Secara Rutin

Dalam merawat pohon srikaya juga sangat perlu untuk menyiram tanaman tersebut secara sangat rutin.

Ketika musim tiba, kalian juga sangat bisa menyiram pohon srikaya tersebut sebanyak 1 atau 2 kali dalam sehari.

Akan tetapi, saat musim penghujan datang, kalian hanya perlu untuk melakukan penyiraman tanaman pada saat media tanamnya terlihat sangat mengering saja.

5. Pemupukan

Untuk menunjang pertumbuhan tanaman srikaya kalian hnyaperlu dilakukan pemupukan.

Kamu bisa untuk memberikan pupuk dengan dosis 27 gram setiap 4 bulan sekali bagi satu tanaman dan bagi pupuk kandang cukup berikan sebanyak 10 kg bagi satu pohon dengan jangka 5bulan sekali.

Selanjutnya yaitu, bagi penggunaan pupuk hayati diberikan setiap 3 Minggu sekali dengan cara melarutkan satu tutup botol pupuk hayati ke dalam satu ember air.

Nah, kalian ketika bakal bunga srikaya sudah mulai pada muncul, kalian sangat perlu untuk memberikan pupuk amazing grow dengan dosis 35 gram ditambah dengan pupuk amazing grow MgO sebanyak 10 gram yang dilarutkan pada 5 liter air bersih.

Kemudian berikan pupuk tersebut secara rutin pada setiap 1 atau 2 Minggu sekali ya!

6. Pemangkasan Batang

Pemangkasan batang sangat untuk dibutuhkan oleh pohon srikaya bagi merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

Berikut beberapa langkah mengenai cara pemangkasan batang srikaya:

Kalian perlu untuk memotong batang primer atau batang utama pada tanaman. Hal ini dilakukan agar tanaman menumbuhkan beberapa cabang primer, dari cabang primer yang tumbuh, kalian juga hanya perlu menyisakan tiga cabang saja bagi memaksimalkan pertumbuhan pada tanaman srikaya. 

Dari cabang primer tersebut lakukan pemangkasan sampai hanya menyisakan cabang dengan panjang antara 45-70 cm. Pemangkasan cabang primer ini juga diharapkan bagi merangsang pertumbuhan cabang sekunder.

Tak jauh bedanya dengan cabang primer, cabang sekunder yang tumbuh hanya perlu dipelihara masing-masing 3 cabang saja. Ketika cabang sekunder sudah tumbuh dengan maksimal, perlu dilakukan pemangkasan bagi menghasilkan cabang tersier.

Nah, dari cabang tersier yang sudah tumbuh, cukup rawat dan sisakan sekitar 28 cabang saja. Dari cabang tersier inilah bunga akan tumbuh yang kemudian akan disusul dengan buah yang tumbuh menjuntai. 

Begitulah cara menanam pohon buah srikaya dengan baik dan benar