Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Hamster Agar Tidak Mati dan Tidak Bau

Cara Merawat Hamster

cara merawat hamster agar tidak mati dan tidak bau, hamter adalah salah satu hewan yang sangat lucu dan banyak yang menyukainya tetapi banyak orang yang tidak Mengetahui cara merawatnya. Merawat  hamster sebelum memutuskan untuk memeliharanya tentu saja kalian diperlukan tau cara merawat nya agar hamster dapat hidup dengan sehat dan berumur panjang.

Hewan imut ini biasanya juga menjadi salah satu pilihan hewan peliharaan pertama bagi Si Kecil yang baru belajar merawat peliharaan.

Salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia adalah hamster.

Di Indonesia, hamster biasanya banyak ditemukan biasanya di toko hewan  atau di peternaknya langsung dengan harga yang terjangkau tergantung jenis kelangkaannya dan besar kecilnya.

Hamster adalah hewan yang masih masuk ke dalam jenis hewan pengerat dan biasanya sangat aktif pada malam hari. Hamster juga herbivora, yang artinya hanya mengonsumsi makanan dari tumbuh tumbuhan.

Cara merawat hamster juga tidak terlalu rumit karena ukurannya yang sangat kecil dan sumber makanannya sangat mudah untuk didapat. Berikut ada beberapa cara merawat hamster.

Cara Merawat Hamster Agar Tidak Mati

Walaupun termasuk hewan ini merupakan hewan yang tidak mudah sakit, apabila cara perawatannya hamster kurang tepat hamster dapat cepat mati.

Umur hamster pada umumnya sekitar 3-7 tahun tergantung jenis dan kesehatannya. lakukan cara merawat hamster yang baik tentunya akan memperpanjang umurnya.

Berikut adalah cara merawat hamster agar tidak mati yang bisa Moms dan Dads lakukan.

1. Siapkan Kandangnya

Cara merawat hamster agar tidak mudah mati tentunya harus dimulai dari buat inggalnya. Siapkan tempat makanan dan botol minuman agar terpenuhi pada  kebutuhan dasarnya.

Isi kandang hamster dengan cemilan snack kesukaan hamster dan beberapa mainan, seperti roda putar atau lorong-lorong, agar kandangnya terasa menyenangkan untuk si hamster dan hamster akan lebih nyaman.

Hamster yang sangat merasa bosan dapat menggerogoti segala hal di dalam kandangnya.

Hamster adalah salah satu hewan yang suka menggigit dan menggerogoti sesuatu, sehingga kalian sebaiknya memilih bahan kandang yang tahan pada  gigit.

misal nya Akuarium yang terbuat dari kaca adalah salah satu pilihan kandang yang aman untuk para hamster dan mudah untuk dibersihkan. kalian dapat menutup bagian atas akuarium dengan jaring kawat atau akrilik dan lainnya, yang dapat memberikan pernapasan yang sangat baik.

2. Kebutuhan Makan dan Minum

Cara merawat hamster agar tidak mati juga harus memastikan pada kebutuhan dasarnya terpenuhi.

Mangkuk untuk makanan hamster sebaiknya dari bahan yang cukup berat agar tidak mudah terbalik jka terinjak oleh hamster, juga dari bahan yang tahan terhadap gigitan hamster. Salah satu bahan yang ideal untuk mangkuk makanan hamster adalah logam seperti stainless steel.

Letakkan mangkuk makanan tidak sama dengan tempatnya tidur.

Memberikan hamster makanan seperti pelet, memiliki kelebihan tersendiri. Pelet khusus untuk hamster dapat memberikan nutrisi yang sangat seimbang untuk hamster dibandingkan dengan memberinya makanan segar atau biji-bijian saja.

School of Veterinary Medicine menyarankan untuk tidak mencampur pelet dan biji-bijian. Sebab, hamster akan memilih biji-bijian yang nutrisinya kurang lengkap dibandingkan dengan makan pelet.

Berikan hamster makan seperti pelet pada setiap hari dengan mengisi tiga perempat mangkuknya.

Hamster juga boleh sesekali makan sayuran dari kalian, misalnya wortel, labu, brokoli, kembang kol, timun, bayam, dan lain-lain. Berikan dalam bentuk potongan kecil yang dapat dimakan hamster dengan mudah dan terhindar dari sisa.

Hindari memberikan buah-buahan untuk hamster karena kandungan sangat tinggi gula sulit untuk dicerna oleh perut hamster yang sensitif.

Untuk makanan segar seperti ini, kalian juga harus perhatikan juga porsi makannya agar tidak kelebihan, karena hamster yang kenyang suka menyimpan makanan di persembunyiannya untuk dimakan nanti.

Pastikan hamster juga dapat mengakses air minum yang bersih setiap saat. Biasanya di toko hewan akan menjual botol minum yang sangat ideal untuk hewan pengerat seperti hamster.

3. Tempat Tidur dan persembunyian

Siapkan tempat persembunyian

Hamster sebagai hewan pengerat menyukai tempat seperti rumah rumahan atau gua yang gelap untuk bersembunyi dari predator.

Secara logkanya, memberikan hamster sebuah tempat bagi bersembunyi adalah salah satu cara merawat hamster agar mereka merasa tenang, aman, dan nyaman.

Tempat tidur dan persembunyian ini dapat berupa rumah-rumahan kecil yang biasanya dijual toko hewan, atau kalian dapat membuatnya sendiri. Misalnya dengan menggunakan setengah bagian batok kelapa, kardus bekas, atau mangkuk plastik yang sudah dilubangi agar hamster dapat lewat dengan leluasa.

Namun, kalian harus mempertimbangkan bahannya, karena bahan seperti plastik dan kardus akan sangat cepat rusak dengan mudah digerogoti hamster sehingga cepat rusak.

4. Awasi Kesehatannya

Seperti pada makhluk hidup lainnya, cara merawat hamster juga agar tidak mati kalian harus memperhatikan kesehatannya.

Pada dasarnya hamster adalah salah satu jenis hewan yang tidak mudah sakit. Namun, ketika hamster sakit, tubuhnya yang sangat kecil membuat dampaknya cukup mengkhawatirkan.

Tanda-tanda hamster yang sedang tidak sehat misalnya, hamster tidak aktif biasa nya aktif, tidak mau makan dan minum, diare, bulunya sangat  rontok, bersin-bersin, dan matanya basah.

Kemungkinan, hamster kesayangan kalian sedang menderita infeksi. Jika ini terjadi, kalian jangan ragu ragu untuk membawanya hamster kalian ke dokter hewan atau  ke klinik hewan terdekat untuk berkonsultasi.

Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau

Hamster yaitu bukan lah hewan yang sangat bau atau pun mengeluarkan bau tidak sedap. Malahan, hamster termasuk hewan yang menjaga kebersihan diri (seperti kelinci dan kucing) untuk mencegah adanya predator yang ingin memangsanya.

Jika kalian perhatikan, hamster akan buang air kecil di titik terjauh dari tempat makan dan tidurnya agar tidak tercemar bau urin.

Bau tidak sedap biasanya berasal dari makanan tersisa hamster yang tidak dibersihkan di makan. Sehingga cara merawat hamster agar tidak bau adalah dengan menjaga kebersihan pada kandangnya dari sisa makanannya yang kalian berikan.

Namun, hamster dapat buang air besar di dalam persembunyiannya. Tetapi normalnya hamster tidak membuat bau yang tidak sedap karena bentuknya yang begitu kering.

Berikut adalah ada beberapa cara merawat hamster agar tidak bau yang kalian bisa lakukan.

5. Bersihkan Kandang Teratur

Bersihkan kandang hamster teratur

merawat hamster juga sangat perlu untuk menjaga kebersihan agar tidak bau tentunya perlu harus menjaga kebersihan kandangnya. Bersihkan kandangnya setiap minggu minimal seminggu dua kali agar hamster dapat hidup dengan sangat nyaman.

Pindahkan hamster dari kandang dan tempat di tempat yang aman, misalnya bola hamster atau baskom yang sangat tinggi.

Kemudian bersihkanlah seluruh mainan, tempat tidur, dan ganti alas pada kandangnya. Lap akuarium dengan air hangat dengan campuran sedikit sabun lalu keringkan agar tidak ada bakteri yang menempel.

Sudut tempat hamster yaitu tempat buat buang air kecil, mungkin akan terlihat noda yang berkerak putih akibat sifat asam urin. Bersihkan dengan bahan yang abrasif dapat membantu, misalnya sikat stainless, sabut, atau sikat.

Jika tidak dibersihkan teratur, noda ini dapat bisa menjadi permanen dan sangat sulit untuk dibersihkan.

6. Ganti Alas Kandang

serbuk kayu umumnya digunakan sebagai pada alas kandang hamster. Ini adalah salah satu cara perawatan hamster agar tidak mati karena menyerupai habitat aslinya.

Sebuk kayu yang digunakan pada biasanya kayu yang tidak beraroma karena hidung hamster yang sangat sensitif. Kayu yang beraroma dapat mengiritasi sistem pernapasan pada hamster jika digunakan.

Selain dari serbuk kayu, alas kandang hamster juga bisa dari menggunakan sobekan kertas atau tisu sebagai alternatif yang ekonomis dan mudah dibersihkan.

Bersihkan seluruh kandang dan ganti pada alas kandang dengan yang baru setidaknya seminggu duakali.

Jika tercium bau urin dari kandangnya, kalian dapat mencari sudut sudut yang dikencingi oleh hamster dan menggantinya dengan yang baru pada setiap saat.

Karena hamster dapat buang air besar di dalam persembunyiannya, kalian dapat mengganti alas kandang di area tersebut lebih sering, atau 3-4 hari sekali.

7. Periksa Tempat Persembunyian

Persembunyian hamster mungkin kotor

 merawat hamster juga kita harus meriksa tempat pada persembunyian agar tidak bau salah satunya dengan meriksa tempat sembunyinya cukup sering.

Jika kalian suka memberikan hamster sayuran dan makanan selain pelet, makanan-makanan ini dapat menjadi sumber bau jika tidak dihabiskan.

Selalu perhatikan porsi makanan yang diberikan untuk hamster. Awasi juga hamster ketika diberikan makanan yang cepat membusuk, termasuk keju, tahu, telur rebus, dan sayuran lainnya.

Makanan yang terlalu besar dan tidak dapat langsung dihabiskan hamster akan disimpan oleh hamster ke dalam rumahnya, sehingga dapat menjadi sumber bau tidak sedap jika busuk. Karena itu, berikan porsi yang sangat kecil untuk si hamster.

Hamster adalah hewan kecil yang lucu dan relatif mudah dirawat bersama Si Kecil. Moms dan Dads tertarik memelihara hamster?

itulah cara merawat hamster agar tidak mati dan tidak bau.