Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara merawat ikan manfish agar sehat dan tidak mati


cara merawat ikan manfish

Cara Memelihara Ikan Manfish dengan baik dan benar agar ikan seahat ikan manfish di juluki oleh orang orang adalah ikan layang layang, banyak pecinta ikan manfish salah satu nya adalah pecinta akuascape. dan Ada juga sebutan lainnya ikan manfish adalah ikan angelfish.

ikan ini juga sangat bagus dan unik karna mirip layang layang dan begitu populer di kalangan yang hobi akuscapea, begitu juga cara memelihara ikan manfish ini di sebut sanagat mudah dan tidak rumit.

ikan manfish juga sangat mudah untuk didapatkan misalnya di toko toko ikan hias,meskipun sangat mudah di dapatkan ikan manfish juga hargan nya bisa di bilang sangat murah.

Jika kalian baru memulai hobi membuat akuascape untuk ikan, misalnya  ikan manfish bisa dijadi pilihan yang tepat, karena mudah lho.

Ikan manfish mempunyai ciri fisik yang sangat unik, berbentuk tubuh nya bisa dibilang miirip seperti layang-layang, mempunyai sirip atas dan dua sirip bawah yang menjuntai.

Corak pada tubuh ikan manfish bisa di bilang sangat sesuai dengan jenis ikan manfish itu sendiri.

cara membedakan manfish jantan dan betina, terletak pada ukuran tubuhnya. biasanya ikan  jantan mempunyai tubuh yang lebih besar dari betina.

Bentuk tubuh ikan jantan juga berbentuk lebih panjang, sedangkan tubuh ikan betina lebih membulat. Dari segi warna dan juga ikan  jantan mempunyai warna yang lebih cerah atau tidak gelap ketimbang ikan betina.

Ada banyak jenis jenis ikan manfish yang beredar, seperti black white, marbel, albino, marble, zebra dan imperial dan lain lain. Semua jenis itu dapat dengan mudah kalian di temukan di toko ikan hias.

Habitat asli ikan manfish memiliki nama latin Pterophyllum scalare yang berada pada perairan yang sangat tenang di sungai Amazon. Namun kini, ikan manfish lebuh banyak yang dibudidayakan dari pada menangkap.

jika kalaian snagat tertarik memiliki ikan manfish ini, simak baik baik cara merawat nya.

Contents

Karakter Ikan Manfish

Setup Akuarium

Parameter Air Ideal Ikan Manfish

Pakan Ikan Layang-layang

Tankmates Ikan Manfish

Penyakit Pada Ikan Manfish

Karakter Ikan Manfish

Pertama, sebelum masuk cara perawatan, Anda perlu mengetahui dulu bagaimana karakter si ikan layang-layang ini.

ikan Manfish adalah ikan yang termasuk dalam golongan ikan agresif atau mudah setres.

Namun, tidak demikian dengan si angelfish ini. Tempramen ikan manfish cenderung dan damai, namun bisa jadi agresif saat ikan sudah mulai beranjak dewasa, ikan akan menjadi teritorial.

Saat masih kecil, ikan ini cenderung dan hidup damai dan dapat bersahabat dengan ikan apa saja yang bertempramen damai, asalkan bukan ikan predator.

Lebih lanjut, nanti akan kita bahas mengenai tankmates yang cocok buat ikan manfish.

cara perawatan yang baik, ikan ini bisa berumur sampai dengan10 tahun lebih, serta dapat tumbuh hingga 16 cm. Ikan akan mulai dewasa saat mencapai umur 12 bulan.

Selain bentuk yang sangat bagus fisiknya yang cantik, manfish juga bukanlah ikan ssangat malu-malu. Ia suka sekali bertampil di tengah-tengah atau di depan akuarium, tidak seperti ikan pemalu yang hobi ngumpet.

Setup Akuarium

Ikan manfish bisa kalian pelihara di kolam maupun di akuarium. Namun sebaiknya bagi melihat keindahannya ikan manfish, kalian bisa meliharanya di akuascape dan juga dapat melihat pada keindahan akuascape atau akuarium yang di hias dengan tumbuhan.

Kalau di kolam rasanya kurang cocok dan kurang baik untuk memantau nya agar tidak sakit, berhubung ikan manfish termasuk ikan hias yang mempunyai tubuh tidak terlalu besar. Sehingga, ikan terkesan kelihatan terlalu kecil untuk memantau nya.

Aquarium yang kalian butuhkan untuk merawat ikan ini idealnya berukuran 22 galon untuk sepasang manfish.

Tetapi jika kalian  ingin melihat ikan ini bergerombol  maka kalian harus menyediakan tank yang setidaknya berukuran 85 galon.

Sebagai patokannya, setiap ikan manfish membutuhkan 10 galon air.

Agar menyerupai habitat alaminya, kalian bisa seting akuarium dengan menambahkan pasir halus, bebatuan, serta ranting-ranting dan tanaman air.

misalnya seperti  pemain aquascape yang menggunakan ikan manfihini sebagai faunanya.

Selain tidak berpotensi merusak tanaman, ikan manfish juga sangat kontras dengan background tanaman yang hijau. Sehingga, terlihat akan sangat cantik.

Tapi perlu Anda perhatikan, hindari tanaman-tanaman tipe mengambang seperti eceng gondok. Selain akan menghalangi cahaya lampu, tanaman ini juga akan membuat aquarium terlihat padat.

Sebagai replika cahaya matahari, maka Anda membutuhkan lampu. Sediakan cahaya paling tidak 8 sampai 12 jam sehari. Seperti layaknya matahari bersinar.

Sedangkan bagi arus, ikan ini tak membutuhkan arus yang sangat kuat. Arus rendah dan kadar oksigen terlarut  cukup, agar membuat ikan manfish merasa nyaman.

Tapi cara memelihara ikan manfish ini, harus menjaga kualitas air akuarium wajib hukumnya. Karena, akuarium tak seperti sungai atau danau yang memiliki area yang sangat  luas serta sistem filtrasi yang alami.

Menjaga kualitas air bagi ikan ini, sama seperti menjaga kualitas udara bagi kita. Karena kualitas air nyapun buruk, bukan tak mungkin ikan Anda jadi stres dan terjangkit penyakit.

pakailah filter air ideal untuk ikan manfish ialah memiliki suhu antara 25 sampai 27 derajat Celcius, dengan tingkat keasaman pH 5.8 – 7.

kalian harus memperhatikan kotoran di dalam akuarium yang tersisa di dasar. Jika kalian biarkan, kotoran akan larut dalam air dan menjadi ikan sakit dan ikan akan mati jika kalian tidak memperhatikan kondisi air.

Sistem filterasi yang baik untuk dibutuhkan demi terjaganya kualitas air. kalian bisa gunakan filter tipe atap, canister, undergravel atau filter samping.

Medianya bisa berupa busa kapas, karbon aktif, maupun menggunakan bakteri starter sebagai pengurai amoniak.

Jangan lupa untuk berikan aerator sebagai suplai oksigen dalam air.

Jika kalian sudah pakai filte atap, maka penggunaan aerator hanya opsional saja. Berhubung kucuran air hasil filtrasi yang terjatuh ke air, bisa jadi oksigen yang terlarut kepada ikan.

Untuk pergantian air atau pengurasan, Anda bisa melakukannya seminggu sekali saja, atau jika air sudah mulai keruh dan terlalu bau amis.

Anda dapat melakukan pergantian air dengan mengurangi sepertiga kapasitas tank, ganti dengan air endapan yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Lebih detail mengenai pengurasan, Anda bisa baca: Penyebab Serta Cara Membersihkan Air Akuarium yang Keruh.

Sebaiknya Anda tidak menguras seluruh isi tank kecuali dalam keadaan tertentu, seperti terlalu banyak lumut, air sangat amis, aquarium bocor, serta keadaan urgent lainnya.

Pakan Ikan manfish

tidak lengkap rasanya jika panduan tentang cara memelihara ikan manfish tidak memperhatikan asupannya.

untuk menjaga kesehatan serta untuk berkembang ikan, maka untuk memberikan makanan yang baik dan sehat wajib hukumnya.

Ikan manfish pada dasarnya bukan termasuk ikan rewel soal makanan, ikan manfish karena ia termasuk ikan yang damai makanan. kalian bisa memberinya pakan alami maupun buatan misal nya pelet.

Pakan ikan manfish bisa berupa pelet, udang beku, cacing sutra, larva, magot,rotifer sampai ikan-ikan yang lebih kecil. Namun yang paling gampang ialah memberikan pelet.

Pelet yang cukup memenuhi kebutuhan ikan manfish. Asalkan pelet yang terkandung protein yang sangat tinggi dan serat.

kalian bisa memberinya makan satu sampai tiga kali sehari dengan takaran jangan terlalu banyak memberi makan ikan. Jika makanan tak habis dimakan ikan, besar kemungkinan makanan yang tidak habis akan mengotori air.

Selain itu juga, pemberian makan berlebih juga mendorong produksi kotoran lebih banyak. Semakin banyak feses terlarut, semakin buruk untuk kesehatan ikan ikan.

Jangan untuk memberikan pakan ikan manfish secara bergantian, agar  tidak melulu pakan alami atau sebaliknya. Seimbangkan antara pakan alami dan pelet.

Tankmates Ikan Manfish

Pada dasarnya ikan ini tergolong yang sangat damai yang tidak usil, tak seperti pada ikan lainnya, misalnya ikan louhan. Tapi, ia akan jadi lebih agresif saat wilayahnya terdapat gangguan. Namun umumnya sifat agresif ikan timbul saat pada beranjak dewasa.

Anda bisa memelihara ikan manfish ini lebih dari satu ekor.

Cara agar ikan tidak saling menyerang masukan ikan dalam aquarium secara bersamaan, sehingga tidak timbul senioritas dalam aquarium.

Ikan yang cocok menjadi tankmates manfish seperti ikan molly, ikan neon, guppy dan komet dan lainnya.

Hindari menggabungkan ikan manfish dengan jenis predator. Selain itu, hindari juga memelihara jenis cichlid africa seperti ikan lemon.

Cichlid afrika sangat tidak cocok disandingkan dengan cichlid Amerika selatan. karena perbedaan kondisi air dan lingkungan  dan iklim.

Penyakit Pada Ikan Manfish

Dalam pada memelihara ikan manfish, kalian  juga perlu antisipasi untuk masalah penyakit.

Ikan manfis diketahui dapat membawa parasit nematoda. Hal ini juga dapat berdampak buruk bagi penghuni aquarium, karena bisa menyebar.

Penyebab infeksi ikan bisa terjadi karena ikan memakan telur atau larva nematoda. Itu berasal dari pakan yang tak higienis, serta aquarium kotor.

Setelah larva dimakan, ada periode infeksi empat bulan saat cacing melewati siklus hidupnya. Cacing akan mengambil nutrisi dari inangnya, membuat ikan semakin hari semakin terlihat lesu.

Ikan yang terinfeksi bisa untuk menunjukkan gejala, kista atau perdarahan dan lainnya. Jika kalian melihat gejala ini pada ikan manfish, segeralah masukkan ikan ke tank karantina.

penyakit Parasit dapat diobati dengan obat cacing yang diberikan oleh dokter hewan speseialis ikan akuarium.

Hexamita juga merupakan penyakiti parasit lain yang menyerang jenis ikan ikan. Hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan yang menginfeksi usus dan kantong empedu ikan.

Gejala infeksi Hexamita seperti, penurunan berat pada badan, lemas, pucat dan perubahan warna pada ikan.

Untuk mencegah infeksi parasit, pastikan kalian membersihkan aquarium setidaknya satu kali seminggu, sekurang-kurangnya dua minggu sekali.

Pastikan kalian memberi makan ikan manfish dengan hati agar ikan sehat. Kalau bisa jangan berikan pakan hasil tangkapan liar.

Oleh karena itu, sebaiknya berikan saja pelet sebagai makanan utama ikan manfish. Pelet pabrikan biasanya sudah melewati proses tahap sterilisasi, sehingga aman buat ikan apapun.

itulah cara merawat ikan manfish agar sehat dan tidak matii