Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Merawat Ikan Channa Maru YS Agar Cepat Mutasi

Cara Merawat Ikan Channa Maru YS

Belakangan ini ikan channa mulai ramai sekali di kalangan pecinta ikan ikan hias. Apalagi di kalangan anak muda yang banyak sekali menjual atau membudi daya ikan chana Tidak kalah dengan ikan cupang, ikan channa  juga bisa dijadikan ikan hias. Dan juga memiliki perawatan yang sangat mudah.Selain itu, ikan channa juga memiliki warna corak yang sangat indah. 

Ada banyak jenis ikan chana , jenis yang cukup ramai di pasaran adalah Yellow Sentarum. Jenis ini memiliki warna kuning pekat dan mempunyai corak hitam di tubuh nya. Chana maru Yellow Sentarum biasanya di sebut Chana maru YS. Dan ukuran Chana maru YS adalah 35cm

Harga ikan channa ukuran 12-15 cm berkisar antara Rp. 60.000 - Rp. 80.000 anda mendapatkan nya 

Merawat ikan Chana sangat mudah dan praktis. asalkan kita telaten untuk merawatnya. Ada beberapa cara dan tips merawat ikan channa agar sehat dan cepat bermutasi warnanya.

gambaran ikan chana

1. Hindari Ikan Stress

Ikan stres sebenarnya punya banyak faktor, salah satunya yang paling berpengaruh adalah air kotor. Ikan channa yang stress bisa menyebabkan mental ikan Chana menjadi down. Maka dari itu untuk mencegah stres, anda harus lakukan:

Ketika ikan baru dapat dari pasar ikan (masih dalam bungkusan plastik) ikan harus di aklimasi, tunggu sekitar 20 menitan untuk menyeseuaikan suhu air dan kondisi sekitar.

Wadah yang digunakan sekiranya 2 kali dari ukuran badan ikan. Dan air yang digunakan harus air endapan supaya ikan jauh dari penyakit Jangan gunakan pompa air. Karena ikan chana tidak suka air yang deras. Maksudnya, karakter ikan channa itu di air yang tenang.Gunakan aksesoris secukupnya misalnya kayu kering dan pasir malang.

2. berikan pakan terbaik 

Pakan untuk ikan channa berupa hewan hidup seperti undang, jangkrik, dan udang. Sedangkan pakan ikan channa yang praktis adalah udang kering, magot kering. 

Jika anda menggunakan pakan hidup, anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Misalnya melepas cangkang kepala udang, memotong bagian kaki jangkrik , atau membersih kan cacing.

2. Rajin Menguras Air

Mengganti air pada akuarium ikan channa cukup penting, supaya tidak ada bakteri jahat,apalagi jika anda tidak menggunakan pasir malang/batu krikil, mungkin amoniaknya. banyak sekali Fungsi pasir malang pada akuarium untuk menerap amoniak, dan memper indah akuarium. maka gunakan pasir malang agar kotoran di akuarium keserap oleh pasir malang. 

Cara Membuat Ikan Channa Jinak Dengan Pelatihan

Jika menguras air pada akuarium ikan channa, usahakan jangan sampai habis. Gantilah air sekitar 1/2 dari tinggi air. Hal tersebut dilakukan agar ikan tidak setres dan tidak kaget oleh suhu dan pH air yang baru, sehingga ikan jadi tidak stress.

Itulah cara merawat ikan channa agar tidak mudah sakit. Semoga bermanfaat!Cara Merawat Ikan Channa Maru YS Agar Cepat Mutasi