Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Jeruk Lemon di Rumah dengan baik dan benar.

Cara Menanam Jeruk Lemon

Cara Menanam Jeruk Lemon – Jeruk lemon yaitu salah satu buah kaya dengan vitamin C dan sangat cukup populer sebagai bahan minuman sehat. Banyak olahan makanan ataupun minuman yang menggunakan jeruk lemon karena memiliki banyak manfaat terutama bagi trend hidup sehat. Kamu juga bisa bagi mencoba menanam jeruk lemon di pekarangan rumah kalian. Cara Menanam Jeruk Lemon hampir sama dengan cara menanam jenis jeruk lainnya.

Jeruk lemon juga dapat tumbuh pada iklim tropis dan subtropis. Tanaman jeruk lemon dapat di taman pada lahan pertanian hingga di pot pun sangat bisa. yang penting cukup dengan cahaya sinar matahari. Pada dasarnya jeruk lemon yaitu tanaman yang membutuhkan cahaya sinar matahari sekitar 6– 12 jam sehari.

MANFAAT JERUK LEMON

Manfaat Jeruk Lemon

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Cara Menanam Jeruk Lemon, sebaiknya kalian sangat pahami beberapa manfaat bila mengkonsumsi jeruk lemon sehingga kalian lebih tertarik bagi mencoba menanam di rumah, sebagai berikut 

  • Memperlancar pencernaan : meminum air lemon hangat setiap hari akan juga membantu membersihkan liver, karena kandungan lemon sangat berguna dalam peningkatan gerakan peristaltic pada perut.
  • Meningkatkan kekebalan pada tubuh : Vitamin C yang terkandung pada lemon akan mencegah infeksi pada badan kita, penyakit dalam tubuh dan memberikan antibodi tambahan.

  • Menjaga kesehatan mulut :Lemon bermanfaat juga sangat bermanfaat membuat nafas menjadi segar dengan berkumur menggunakan air lemon. Selain itu juga, lemon juga sangt berguna bagu memutihkan gigi dengan mencampur air lemon dengan baking soda.
  • Mengatasi berbagai penyakit : Lemon juga sangat bisa digunakan bagi obat sakit tenggorokan dengan mencampurkan madu, dan air hangat. Apabila kalian meminum ½ cangkir air lemon dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Vitamin C lemon juga sangat membantu menurunkan kolestrol dan mencegah penyakit jantung.
  • Menurunkan berat badan : bukan rahasia lagi bila mengkonsumsi air lemon akan juga membantu menurunkan berat badan seseorang. Pasalnya, dalam lemon sangat terkandung asam sitrat dengan sangat tinggi yang membantu menghindarkan tubuh pada obesitas.
  • Merawat kulit : Selain dikonsumi dengan cara diminum, lemon juga sangat bisa digunakan sebagai masker bagi menghilangkan kulit belang, menghilangkan keriput, mencerahkan pada kulit, hingga mengurangi bekas jerawat.

CARA MENANAM JERUK LEMON :

Setelah kalian telah mengetahui banyak manfaat dari jeruk lemon, kalian juga bisa bagi mencoba  menanam jeruk lemon dengan langkah – langkah sebagai berikut dibawah ini :

1. MEMPERSIAPKAN BIBIT LEMON

Mempersiapkan bibit lemon

Bagi menanam jeruk lemon juga tentunya membutuhkan bibit yang sangat bagus dan berkualitas. Kalian juga bisa untuk menyiapkan bibit lemon dengan 2 cara sebagai berikut :

Dengan biji (Generatif) : Ada dua cara bagu mendapatkan biji lemon. Pertama kalian juga bisa membeli benih biji lemon di toko pertanian dan jangan lupa bagi menanyakan kualitas dari bibit jeruk lemon yang akan kalian pilih. Kedua, bibit lemon juga sangat bisa untuk di dapat dari buah lemon yang kalian miliki. Kalian tinggal mengambil biji dari buah lemon yang sangat besar dan berisi.

Dengan stek / cangkok (Vegetatif) : cara ini juga paling umum untuk digunakan, karena membutuhkan waktu yang lebih cepat dan sedikit dari pada dibandingkan dengan cara generatif. Selain itu jiga, dengan cara ini kalian juga bisa memperoleh bibit yang mewarisi sifat unggul dari induknya Namun, kalian juga perlu untuk memperhatikan langkah yang benar dalam proses stek.

2. PROSES STEK JERUK LEMON

Proses stek jeruk lemon

Kalau kalian ingin menanam jeruk lemon dengan cara Vegetatif, berikut cara bagi stek tanaman jeruk lemon :

Batang yang diambil yaitu batang yang memiliki 4 pasang daun jeruk dan dipotong sekitar 15cm

Daun yang ada pada batang dipotong yang paling bawah dan bagian atas disisakan sekitar 1 atau 5 dari daun yang tersisa.Pemotongan daun bagi mengurangi penguapan.

Siapkan air yang telah dengan tercampur dengan cairan penumbuh akar, dan celupkan pada ujung batang jeruk lemon ke cairan tersebut.

Setelah itu, tanamlah batang jeruk lemon juga dalam pot yang berisi tanah dengan posisi tegak berdiri.

Penyiraman juga dilakukan pada dua kali sehari sampai akar muncul (kira – kira 21 hari). Setelah akar telah muncul, bibit jeruk lemon juga siap untuk dipindahkan dalam pot atau media tanam yang lebih besar.

3. MENYIAPKAN MEDIA TANAM

Menyiapkan media tanam

Jeruk lemon juga dapat di tanam melalui lahan pertanian ataupun dengan media pot. Apabila kalian menggunakan lahan pertanian sebagai media tanam, sebaiknya dengan menggunakan lahan dalam keadaan yang tidak basah dan tersedia sinar matahari bagi tanaman jeruk. Biasanya tanah yang digunakan yaitu tanah yang gembur dengan sifat organik serta terbebas dari gulma.

Pada lahan pertanian, kalian juga sangat perlu bagi membuat sistem drainase yang sangat baik. Setelah itu tanah sudah siap, buatlah lubang tanam yang terlebih dahulu diberikan pupuk agar unsur hara pada tanah semakain banyak. Gunakan pupuk organik yang murni tanpa adanya campuran bahan kimia, seperti pupuk kendang atau pupuk organik.

Menanam jeruk lemon dengan menggunakan pot juga bisa difungsikan bagi hiasan di kalangan rumah kalian. Pilih pot yang memiliki lubang pada bagian bawahnya sebagai sistem drainase agar tanah tidak basah. Agar air dalam pot saat penyiraman juga bisa keluar, kalian juga bisa untuk memasukkan pecahan genting pada dasar pot sehingga terdapat celah antara dasar pot dengan media tanam.

4. MENANAM JERUK LEMON

Menanam jeruk lemon

Saat bibit jeruk lemon berusia 3 – 5 bulan bisa untuk dipindahkan ke dalam media tanam yang lebih besar. Sebagai contoh, lahan pertanian ataupun pot yang ukurannya lebih besar. Cara Menanam Jeruk Lemon sangatlah mudah, lepaskan polybag yang berisi bibit jeruk lemon dan letakkan pada lubang tanam yang telah disediakan sebelumnya. Setelah itu, tutuplah lubang dengan tanah.

5. MERAWAT TANAMAN JERUK LEMON

Merawat tanaman jeruk lemon

Perawatan juga dilakukan dengan menyiram jeruk lemon yang tertanam di media tanam sebanyak 3 kali sehari. Mengingat pada umur 2 – 3 bulan yaitu fase kritis pertumbuhan, sebaiknya penyiraman juga dilakukan secara dengan rutin.

Penyiangan yaitu perawatan bagi tanaman jeruk lemon dengan membersihkan pada tumbuhan sekitar pot/ lahan pertanian juga yang mengganggu pertumbuhan jeruk lemon. Tanaman liar atau gulma akan memperlambat pada proses pertumbuhan jeruk lemon. Pembubunan yaitu perawatan dengan menggemburkan lagi tanah dan menaikkan tanah ke arah batang tanaman jeruk.

Pemupukan juga dilakukan sebanyak 3 kali yakni ketika tanaman berusia 1 bulan, 6 bulan dan 1 tahun. Kalian juga bisa menggunakan pupuk NPK dengan dosisi 5-15 gram bagi tanaman berusia 1 bulan dan 15 – 20 gram bagi tanaman yang berusia 6-12 bulan.

6. MEMANEN JERUK LEMON

Memanen Jeruk Lemon

Cara Menanam Jeruk Lemon yang terakhir yaitu dengan proses memanen. Ciri utama jeruk lemon yang siap untuk dipanen yaitu dengan warna buah jeruk yang sangat kuning cerah. Proses pembibitan yang berbeda juga mempengaruhi pada waktu panen. Bibit yang diperoleh juga dengan cara vegetative juga bisa dipanen ketika berumur 2 – 3 tahun, sedangkan bagi bibit dari cara generatif baru bisa dipanen ketika berusia 5 – 6 tahun.

Menanam jeruk lemon juga membutuhkan waktu yang tidak singkat sekitar 2 – 6 tahun tergantung pada proses memperoleh bibit jeruk lemon. Menanam jeruk lemon di pot juga dapat memberikan nilai estetika sehingga cocok untuk tanaman hias di rumah kalian. 

Itulah cara menanam jeruk lemon di rumah dengan baik dan benar.