Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Semangka agar Panen Melimpah, Ternyata nggak terlalu rumit, lho!

Cara Menanam Semangka

Cara menanam semangaka dengan baik dan benar, Semangka yaitu salah satu buah idaman yang banyak menunggu untuk kehadirannya. Punya kandungan air yang sangat banyak disertai dengan cita rasanya yang manis dan enak beberapa alasan mengapa buah yang memiliki nama ilmiah Citrullus lanatus ini selalu di sukai oleh banyak orang. 

Nah, kalau kalian salah satu penggemar buah ini, kalian juga bisa untuk menanamnya sendiri dirumah, lho. Buah semangka ternyata sangat mudah bagi dibudidayakan. Jika kalian penasaran dengan budidaya tanaman semangka, sudah siapkan langkah-langkah dan cara untuk menanam semangka dengan sangat mudah. Langsung saja, ini 7 cara menanam semangka agar tumbuh subur dan panen melimpah.

1. Mempersiapkan untuk lahan yang akan ditanam

Untuk menanam semangka Langkah pertama yang kalian harus lakukan jika kalia ingin menanam semangka ialah dengan mempersiapkan lahan yang untuk digunakan. Nah, dalam memilih lahan, ada 4 hal yang kalian harus menjadi perhatian kalian,nih. Empat hal tersebut ialah pH tanah, jenis tanah, ketinggian dan suhu daerah. 

Bagi jenis dan pH tanah, pastikan tanah yang digunakan yaitu jenis tanah porous atau sarang dengan tingkat pH sebesar 6-5,6, ya. Tanah porous juga sangat  direkomendasikan karena jenis tanah yang satu ini juga mampu untuk membuang air dengan sangat mudah. Sedangkan, ketinggan tanah serta suhu tanah yang ideal bagi menanam semangka yaitu di lahan yang mempunyai ketinggan 150-300 meter dengan suhu kurang lebih 28 derajat Celsius. 

2. Memilih bibit unggul

Setelah kalian mempunyai lahan yang ideal, maka selanjutnya yaitu proses memilih bibit yang sangat unggul. Proses ini juga harus kalian lakukan secara totalitas agar memperoleh panen semangka yang sangat maksimal. Bagi mendapatkan bibit yang unggul, kaloan juga bisa melakukan riset terlebih dahulu atau bertanya langsung kepada penjual bibit. Patikan juga kalian sudah mengetahui jenis semangkan apa yang akan kalian tanam. 

3. Proses penyemaian semangka

Langkah untuk  selanjutnya yaitu merupakan langkah utama dalam proses penanaman semangka, yaitu penyemaian semangka. Bagi proses ini, ada 4 langkah yang kalian harus menjadi perhatian kalian, nih:

Menyiapkan media tanam berupa tanah dan pupuk kandang yang sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian bersihkan tanah dari tumbuhan liar dan hama pengganggu yang sangat bisa untuk merusak kualitas tanah.

Selanjutnya yaitu cari lahan yang bisa  untuk membantumu memudahkan proses pengawasan keadaan benih.

Proses terakhir penyemaian semangka yaitu dengan menyiram bibit dengan air yang bersih. Proses ini jiga bertujuan agar tanah tidak kering. 

Setelah proses penyemaian selesai, maka langkah berikutnya yang perlu kalian lakukan yaitu hanya menunggu bibit semangka tumbuh.

4. Pengelolaan lahan

Langkah selanjutnya yaitu proses mengelola lahan. Proses ini jiga bertujuan untuk proses sebelumnya, yaitu proses pengawasan pada semangka, lebih bisa untuk dikontrol dengan sangat maksimal. Selain itu jiga, proses ini juga akan membuat perawatan lebih sangat mudah karena tanaman ditanam dengan beraturan. Adapun cara bagi mengelola lahan tanam semangka yaitu: 

Menggemburkan tanah meskipun tanah yang kalian juga miliki merupakan bekas kebun atau sawah.

Menambahkan pupuk saat proses penggemburan supaya tercampur dengan merata.

Sesuaikan lebar dan panjang dengan buah semangka pada masing-masing dan buat parit pada disekitar bedengan air agar ngalir air dengan lancar.

Buat lubang bagi menanam semangka di tempat penyemaian. 

5. Menanam bibit semangka

Setelah melewati proses yang sangat panjang, maka proses penanam bibit semangka kalian juga bisa lakukan di tahap ini.

Pindahkan tanaman semangka dari tempat penyemaian ke lahan tanaman (bedengan) yang kalian sudah diolah. Biasanya proses ini juga dilakukan saat semangka sudah berumur 4 minggu. 

Ketika memindahkan tanaman, harap berhati-hati untuk akar semangka tidak patah. Jika kalian sudah masuk ke dalam lubang penyemaian semangka, maka tutup lubang tersebut dengan pupuk kandang dan rawat tanaman semangka hingga panen. 

6. Merawat bibit semangka

Setelah semangka sudah di masuk kan ke dalam lahan, maka kalian harus merawat tanaman semangka agar bisa panen dengan sangat baik dan maksimal. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya tanaman semangka menghasilkan tanaman dengan kualitas yang baik dan bagus. 

Cara pertama ialah dengan melakukan penyiangan. Cara ini yaitu memotong ranting tanaman semangka yang tidak berguna karena semangka hanya menghasilkan 3 buah dalam 1 tanaman. 

Cara kedua yaitu dengan melakukan pembubunan. Tujuannya, untuk tanaman semangka bisa menyerap asupan makanan secara dengan maksimal. 

Masih ada 2 cara lagi, yaitu perempalan dan pemupukan. 

Pada cara perempalan, kalian juga harus membuang tunas muda yang sudah tidak berguna agar tidak menganggu proses penumbuhan pada tanaman semangka. 

Sedangkan cara terakhir yaitu proses pemupukan atau memberikan pupuk pada tanaman semangka, untuk ia kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi.

7. Memanen semangka

Tahapan yang paling menyenangkan pun tiba, yaitu memanen buah semangka. Nah, sebelum memanen semangka, pastikan juga semangka kalian berumur cukup agar daging yang dihasilkan merah. 

Sebagai tambahan informasi, masa panen semangka juga dipengaruhi oleh ketinggian lahan tanamnya, nih. Jadi sangat memungkinkan sekali antara semangka yang di tanam di lahan berbeda jiga memiliki waktu panen yang berbeda pula.

Itulah cara menanam semangka dengan baik dan benar, dan hasil melimpah.