Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara merawat Ikan Hias Neon Tetra agar tidak cepat mati

cara merawat Ikan Hias Neon Tetra

berikut ini cara merwat ikan neon tetra agar jauh dari kematian, Ikan hias dengan nama ikan neon dan inilah salah satu jenis ikan hias yang sangat populer di kalangan pecinta akuascape. Ikan hias ini masih berkeluarga dengan Characidae. Banyak yang memelihara ikan Neon Tetra karena warna ikan yang indah dan mempunyai banyak keunggulan dibandingkan ikan hias lainnya.

ikan neon tetra

Tidak hanya berpenampilan bagus, ikan neon tetra mempunyai sifat yang sangat damai dan tidak mudah setres. Keahlian beradaptasinya pun luar biasa sangat cepat. Apalagi ikan ini mudah untuk dipelihara walaupun kamu aquascape pemula.

Habitat Ikan Neon Tetra

Asal Usul serta sejarah Ikan Neon Tetra adalah dari seseorang traveler asal Perancis, August Rabaut, menemukan ikan neon tetra di perairan pada tahun 1934. Waktu itu ia lagi melaksanakan ekspedisi ke hutan Amazon. Di sanalah ia menemukan ikan neon tetra  serta membawanya ke Eropa untuk dijual.

Tak disangka sebelumnya ternyata orang- orang di Eropa sangat menyukai ikan neon tetra tersebut. Tetapi saat itu ikan temuan tersebut belum diberi nama. Kemudian pada tahun 1936 , Biological Society Bulletin menerbitkan postingan formal perdana tentang neon tetra. Postingan tersebut ditulis sama dokter. George Myer, yang dinamai ikan bernama tersebut sesuai dengan keluarga rekannya, ialah Hyphessobrycon innesi. Tetapi saat ini, nama neon tetra diganti jadi Paracheirodon inessi

Neon tetra ini merupakan penghuni asli Amerika Selatan. Tepatnya kawasan Brasil,  Rio Taquari, dan lembah sungai Paraguay. Sungai tersebut mengalir via hutan hujan lebat, yang jarang tersorot sinar matahari, sehingga airnya terkesan gelap. Alirannya juga cenderung tenang. Mereka biasanya hidup bergerombol atau berkelompok dan senang memakan serangga dan makanan lainnya

Bentuk Ikan Neon Tetra

Ikan berkelompok ini berdimensi sangat kecil, hanya sekitar 5 cm. Dan bisa hidup sampai 4 hingga 6 tahun. Ikan neon tetra memiliki warna indah perak atau warna indah grey dibagian kelapa, dan setengah badannya lalu di bagian ekor warnanya agak kegelap  gelapan kemerahan.

ikan neon satra juga memiliki garis menyala mirip neon nampak membentang dari mata ke siripnya. Kemudian terdapat garis dengan corak bermacam- macam, dari biru hijau hingga biru hitam. kalau yang jantan mempunyai garis lurus, yang betina mempunyai pola melengkung di tengahnya. Sebagian spesies ikan nampak mempunyai garis kehijauan, bukan kebiruan. Sebagian aquascape pemula menamainya bagaikan ikan neon hijau.

Cara Memelihara Ikan Neon Tetra di Akuarium

Neon tetra atau neon fish ini termasuk ikan yang pemalu dan kalem. Mereka lebih aman tinggal di akuarium yang ada buat ngumpet misalnya kaya akuascape minimun 23 gallons ataupun kira-kira 75 liter air di suhu 25- 27 derajat Celcius. Dimensi pH- nya antara 8, 5- 7, 5.

Karena ikan ini juga sangat sensitif akan merubah kondisi air, maka kamu harus hati-hati untuk pertama memasukkan air ke akuarium. Jika kamu sudah  membeli ikan neon tetra tersebut maka jangan buru-buru untuk memindahkannya ke akuarium karena ada tahap aklimasi.

yang Pertama masukkan ikan neon tetra yang masih dibungkus plastik ke pada akuarium yang sudah ada airnya. Tunggu sekitar 25 menit setelah itu baru buka plastik dari ikan tersebut. Untuk merawatnya tidak terlalu rumit, kamu hanya cukup menjaga kebersihan  air dan pH air nya agar ikan selalu stabil. Jaga kehangatan air di angka 60- 80 derajat Fahrenheit ataupun 20- 26 derajat Celcius. Pakai filter agar akuarium bersih dan kalian tidak banyak menguaras air. Lalu ganti airnya sekitar 1 minggi 2 total air yang ada diakuarium.

ikan neon tetra hidup nya di air yang gelap dan banyak akar pohon pohon, tananam tanaman air. Oleh karena itu jika memelihara ikan neon tetra kamu juga harus di akuarium kalian menambahkan tanaman air, batu-batuan serta tempat untuk bersembunyi. Metode ini biasanya disebut aquascape.

makanan ikan neon tetra

buat tentang makanan, ikan ini tidak banyak menuntut. Mereka bisa diberi makan seperti cacing sutra. Mulai dari yang makanan hidup, buatan, hingga beku. Tetapi yang harus diperhatikan bahwa makanan nya harus bergizi buat ikan dan perhatkan makannam ikan harus yang kecil karena mulut dari ikan ini juga sangat mungil. Ada pula santapan hidup favoritnya merupakan cacing darah, cacing putih, serta udang air asin. serta lain lain.

Tapi jika menurutmu makanan hidup terlalu repot, kamu bisa memilih memberinya makanan buatan misalnya  seperti pelet ikan hias, yang harus diperhatikan bahwa kandungan pelet tersebut sudah sesusai dengan kebutuhan ikan neon tetra kamu selain itu pilih lah merk yang sudah terkenal dan berkualitas agar ikan tumbuh dengan baik.

Perbedaan Jenis Kelamin Ikan Neon Tetra

Untuk membedakan jenis kelamin ikan jantan dan betina tidak terlalu sulit kalau yang jantan ukuran badannya lebih kecil dari yang betina dan kalau garis yang jantan lurus sedangkan yang betina melengkung.

itulah cara merawat ikan neon tetra