Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Cacing Tanah dengan sangat mudah

Cara Ternak Cacing Tanah

Berikut cara ternak cacing tanah yang sangat menguntungkan sekali.

Cara ternak cacing tanah dengan begitu sangat praktis kalian bisa untuk tambahan bisnis di rumah. Selain mudah merawat nya dan menjalankannya, pasar juga membutuhkannya ternyata sangat lumayan beragam. Baik bagi suplemen atau herbal.

Bagi beberapa tahun terakhir ini juga usaha ternak hewan yang menjijikkan untuk sebagian orang orang ini ternyata sedang sangat populer. Permintaan di pasar terhadap hewan hermafrodit ini tidak bisa dibilang sangat kecil.

Begitu ternak hewan cacing tanah juga menjadi salah satu untuk usaha yang kalian dapat kalian lakukan bagi mendapatkan berbagai keuntungan. Cacing tanah terkenal salah satu hewan yang merupakan sumber nutrisi bagi tubuh.

Hewan ini juga memiliki sangat banyak memiliki kandungan nutrisi. Seperti 70 hingga 78 gram per liter amino, zat besi dan kalsium serta konsentrasi tinggi vitanggi dan lainlain.

Sehingga dengan kandungan bagi terdapat pada cacing tanah dapat untuk digunakan sebagai suplemen nutrisi bagi program diet. Apalagi cacing juga sangat memiliki kandungan lemak yang sangat rendah.

Tahapan Penting untuk Cara Ternak Cacing Tanah

beberapa jenis cacing tanah yang potensial bagi usaha pembudidayaan. Jenis ini seperti Pheretima, Perionyx, dan Lumbricus. Kalian juga bisa memilih mana yang sangat terbaik dan sesuai bagi lingkungan maupun tujuan kalian.

Oleh sebab itu menjalankan usaha ini dengan ternak jenis cacing ini merupakan solusi bagi kalian bagi mendapatkan keuntungan yang banyak. Berikut ini tahapan tahapan penting cara ternak cacing tanah bagi kalian yang ingin mencoba untuk menjalankannya.

Membuat Kandang Cacing

Langkah pertama dalam menjalankan usaha cacing tanah yang pertama yaitu membuat kandang. Yang perlu kalian siapkan yaitu kandang yang berupa box kayu dengan ukuran 80 x 45 x 35 cm.

Jumlah box kandang ini juga bisa kalian sesuaikan dengan banyaknya cacing cacing yang untuk kalian ternakkan. Tinggal kalian sesuaikan saja dengan ruangan yang kalian punya agar kandang cukup dan sangat mudah untuk kalian kelola nantinya.

Penempatan kandang cacing tanah harus pada lokasi yang sangat terlindung dari panasnya sinar sinar matahari. Kandang yang kalian siapkan harus terbuat dari bahan-bahan yang tidak tembus  cahaya atau sinar matahari. 

Mempersiapkan Bibit Cacing Tanah

cara ternak cacing tanah selanjutnya yaitu mempersiapkan bibit bibit cacing. Kalian juga dapat memilih bibit bibit cacing tanah yang unggul dengan kualitas yang terbaik. Bibit ini juga bisa kalian dapatkan dengan langsung membelinya ke peternak cacing yang sudah sangat berpengalaman.

Keunggulan bibit cacing tanah juga sangat penting bagi usaha ternak ini. Selain itu juga agar cepat tumbuh, benih yang kalian beli di peternak juga umumnya sangat mudah dan cepat untuk beradaptasinya. 

pengadaan jumlah bibit juga harus kalian sesuaikan dengan kapasitas tempat yang kalian punya. Semakin besar tempat yang kalian punya untuk ternak cacing tanah, maka semakin banyak pula bibit cacing tanah yang kalian dapat dari budidayanya.

Menyebarkan Benih bibit Cacing Tanah ke Kandang

Menyebarkan benih ke kandang juga harus merupakan bagian sangat penting dari cara ternak cacing tanah bagi bisnis. Penyebaran benih cacing harus kalian lakukan secara bertahap tahap. Ini juga sangat penting agar pertumbuhannya lebih optimal dan bagus.

Tahap pertama penyebaran benih cacing dalam budidaya yaitu cacing tanah harus sedikit saja dan letakkan pada permukaan media tempat. Setelah itu kalian lihat apakah kandang tersebut cocok atau tidak cocok.

Jika tempat cocok, benih akan langsung masuk dan tidak ada yang berkeliaran keluar dari tempatnya. Baru setelah itu juga tambahkan atau masukkan benih cacing lainnya secara bertahap tahap.

Selalu periksa dan monitor secara sangat rutin setiap 3 jam sekali kondisi cacing ternak. Kalian juga bisa mengganti wadah tersebut apabila benih cacing yang kalian sebar berkeliaran atau keluar dari wadah.

wadah juga bisa kalian dengan lakukan menyiram tempat menggunakan air, lalu peras, dan buang airnya. Lakukan beekali kali hingga warna sari menjadi bening.

Setelah menabur benih bibit cacing sebaiknya pastikan bagi memeriksanya setelah 13 jam. Hal ini fungsinya bagi memastikan benih nyaman dengan media wadah hidup yang telah kalian siapkan.

Perawatan Cacing Tanah

Setelah kalian menabur benih, langkah bagi selanjutnya cara ternak cacing tanah yaitu melakukan perawatan. Perawatan dengan cacing tanah tidak ribet. Kalian hanya perlu memberikan makan setiap harinya dan mengganti wadah kalau sudah waktunya.

Bagi pakan cacing tanah, kalian juga bisa memberikan bahan organik, seperti kompos yang terbuat dari serasah daun kering. Sedangkan dari pupuk kandang yang baik terbuat dari kotoran sapi atau kambing.

Masa Panen Cacing Tanah

Cara ternak cacing tanah yang terakhir yaitu masa panen. Ini yaitu hal yang selalu ditunggu oleh para peternak. Bagi cara yang dapat kalian lakukan bagi memanen cacing yaitu dengan memberikan lampu pada permukaan media.

Dengan cara ini juga kalian maka cacing akan naik ke permukaan dan berkumpul sehingga memudahkan bagi kalian untuk mengambil dan memanennya.

Demikian beberapa langkah penting cara ternak cacing tanah bagi bisnis. Menjalankan budidaya hewan ini juga bisa menjadi usaha rumahan yang sangat mudah, tidak membutuhkan modal yang sangat besar, dan sangat menguntungkan bagi budidaya cacing tanah. 

Itulah cara ternak cacing tanah dengan sangat mudah dan hasil sangat banyak