Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara ternak magot BSF untuk pemula


cara ternak magot BSF untuk pemula

berikut ini cara ternak maggot bagi pemula bisa dapat uang yang sangat praktis, kamu dapat mengawali bisnis dengan modal sangat kecil, dan magot juga ramah pakan loh. 

Maggot BSF biasa nya di beri pakan untuk ayam, ikan predator, dan lain lain. tidak sedikit juga peternak yang menggunakannya sebagai pakan campur hewan lain.

Pakan alami ini juga menjadi salah satu kebutuhan protein bagi beberapa komoditas yang membutuhkan maggot. Sebab, maggot menjadi salah satu pakan  yang sangat menarik untuk dikembangkan, magot tren terus berkembang dari hari ke hari. Pemula bisa melakukan budidaya maggot dengan cara yang mudah dan sederhana.

Harga jual dalam satu kilogram bisa mencapai sekitar harga Rp10.000 per kilogram. Sementara, maggot yang masih dalam tahap pre pupa harga nya sekitar Rp70.000 sampai Rp100 ribu per kilogram.

Kehadiran maggot BSF ini juga  sangat membantu bagi pengolah limbah organik. Beberapa waktu ke belakang juga diketahui, ternak ternak magot bisa diberikan kepada ikan lele yang memakan maggot BSF akan tumbuh sangat cepat . Maggot BSF juga  bisa menjadi salah satu solusi permasalahan limbah organik rumah tangga sekaligus jadi potensi bisnis yang sangat baik dan menarik.

Apa Itu Maggot?

Maggot adaah sebagian orang yang mengenal dengan nama belatung larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) atau Hermetia Illucens dalam bahasa Latin. Maggot merupakan larva dari jenis lalat yang awalnya bersarang lalu bertelur dan bermetamorfosis menjadi lalat dewasa.

Pemerintah Indonesia juga menerangkan akan menjadikan larva lalat Black Soldier Fly (BSF) sebagai bahan baku alternatif untuk membuat pakan ikan. Walaupun telah ada bahan baku lain yang juga bisa dijadikan bahan baku pakan hewan. maggot menjadi unggulan karena terdapat banyak manfaat dan keunggulan yang tidak ada pada bahan baku lain.

Keunggulan maggot dibanding bahan pakan lainnya di antaranya karena maggot mengandung protein yang sangat tinggi dan berkualitas yang dibutuhkan oleh para ikan, pembuatan yang mudah dilakukan oleh siapa saja dengan biaya dibilang sangat murah dan peraktis sebab media utamanya adalah sampah organik. Dengan diolah menjadi maggot, sampah akan menghilang dan di saat yang sama akan menjadi bahan pakan untuk para ikan.

Cara Budidaya Maggot bagi Pemula

1. Persiapkan Bahan bahan dab Media untuk Budidaya

Berikut adalah beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan: 

a. Dedak 5 kg atau sampah organik, limbah sayur atau peternakan.

b. EM4 atau 1 botol yakult.

c. 5 sendok makan gula pasir.

d. 1 liter air.

e. Penyedap rasa.

f.  2 ember dengan ukuran yang berbeda, satu besar dan satu kecil. Apabila tidak ada bisa diganti dengan baskom ukuran besar dan sedang. 

g. Tali yang difungsikan untuk mengikat, bisa menggunakan tali rafia atau lainnya. 

h. Kantong plastik bening. 

i.  Sisa makanan dan daun-daun.

2. Proses Memancing Lalat BSF

Berikut adalah beberapa cara proses memancing lalat yang bisa kamu simak:

a. Siapkan ember kecil atau besar, kemudian isilah dengan 1 liter air. Kemudian, tambahkan juga gula pasir serta EM4 (bisa diganti yakult). Aduk hingga seluruh bahan tercampur rata dan larut. 

b. Pada ember yang lebih besar, masukkan bekatul atau dedak yang sudah disiapkan. Tambahkan juga kaldu peyedap rasa dan aduk seluruh bahan hingga tercampur sangat rata. Tujuan dari adanya penyedap rasa ini sendiri untuk mengeluarkan bau yang disukai oleh lalat lalat BSF.

itulah cara ternak magot BSF