Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Merawat Ikan Cupang Agar sehat dan Siripnya Indah


Cara Merawat Ikan Cupang


Cara Merawat Ikan Cupang Agar sehat dan Siripnya Indah Sekarang lagi tren memelihara ikan cupang,  Beberapa hal yang membuat anak anak dan anak muda mulai tertarik memelihara ikan hias cupang  karena keindahan bentuk dan warna yang indah. cara perawatan nya pun dibilang sangat mudah 

Eits! Meskipun mudah, ternyata cara perawatan yang kurang tepat dapat menimbulkan ekor dan sirip rusak. Padahal keindahan sirip dan ekor ikan cupang adalah poin utama penampilannya. Nah, daripada salah langkah, simak 7 cara merawat ikan cupang yang baik dan benar di bawah ini, yuk!

1. Ganti air dua hari sekali

Kebersihan dan kesehatan air akuarium adalah hal penting untuk menjaga keindahan ikan cupangmu dan memperjauh dari jamur, lho!

Oleh karena itu, ganti air dalam akuarium minimal 1 minggu 3 kali. Mengganti airnya sebanyak dua hari sekali juga sangat direkomendasikan. 

2. Pindahkan ikan cupang tanpa menyentuhnya

Bela, ikan cupang punya fisik yang mudah rusak. Jadi, pastikan untuk memindahkannya harus dengan seser kusus ikan cupang.saat sedang menguras air dalam akuariumnya, ya!

Memindahkan ikan cupang bersamaan dengan sedikit air juga lebih direkomendasikan karna lebih mudah dari pada memindahkan ikan cupang dengan tangan ataupun jaring. Hal ini untuk mengurangi risiko merusak sirip atau ekor yang rusak atau patah saat tersentuh. 

3. Beri pakan hidup dibanding pakan kering

Apakah kamu biasa memberikan ikan cupangmu makanan kering seperti pelet? Tahu nggak sih, memberikan ikan cupang pakanan hidup seperti jentik nyamuk, cacing sutra, cacing tanah, atau kutu air jauh lebih baik untuk menjaga kesehatannya, lho!

4. Beri daun ketapang kering dalam air sebagai antibiotik

Sirip atau ekor ikanmu terluka? Tenang, kamu bisa mengobatinya dengan memberika air ketapang  pada airnya. Ya, daun ketapang adalah antibiotik alami untuk ikan cupang. Dengan memberikan air ketaapang atau daun ketapang dalam  akuarium, ph dalam air akan lebih optimal dan bagus untuk pemulihan sirip atau ekor ikan cupang, Bela. 

5. Beri garam khusus ikan hias dalam airnya

Garam yang dimaksud bukan garam dapur yang biasa kamu gunakan untuk memasak, ya. Garam ini adalah garam khusus untuk ikan ikan hias yang fungsinya untuk menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang. Garam ini mampu membantu menstabilkan pH air dan mempercepat penyembuhan luka dan menstabilkan metabolisme tubuh ikan cupangmu. 

Jangan terlalu banyak menaburkannya! Kamu cukup menaburkan garam sebanyak 0,2% dari keseluruhan air dalam akuarium, kok. 

6. Beri metil biru saat ikan ekor atau sirip ikan cupang patah

Patahnya sirip atau ekor ikan cupang pasti membuat kita panik! Tapi tenang saja jangan panik , kamu bisa membantu proses penumbuhan kembali ekor atau sirip ikan cupangmu jadi lebih cepat, kok!

Caranya, berikan metil biru secukupnya jangan terlalu banyak. pada air akuarium. Hasilnya, proses pemulihan ikan cupangmu bisa menjadi lebih cepat bahkan kurang dari satu minggu tergantung dari ketuaan ikan nya dan tergantung tingkat tingkat kerusakannya. 

7. Cara mengobati ikan cupang yang lemas atau sakit

Ikan cupang yang lemas bisa menandakan bahwa dia sakit, nih

Untuk merawatnya, kamu bisa memberikan beberapa tetes metil biru, garam ikan hias, obat tetra clor, dan pomate secukupnya dan beri daun ketapang. Aduk hingga rata dan masukkan kepada akuarium. Dan masukan ikan cupang ke dalam air yang sudah diberi obat di atas. 

Nah, itu dia cara merawat ikan cupang yang baik dan benar. Selamat memelihara ikan cupang hias.