Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Contoh Tanaman Hortikultura

Contoh Tanaman Hortikultura

Contoh Tanaman Hortikultura? Untuk memahami tanaman hortikultura, ada baiknya kalian ketahui trlebih dahulu asal muasal dari kata ini, yaitu hortus (tanaman kebun) dan cultura (budidaya). Jika digabungkan, tanaman hortikultura berarti budidaya tanaman.  

Secara luas, tanaman hortikultura juga bisa meliputi scope lokasi yang sangat luas, termasuk produksi pertanian tradisional ataupun modern. Tanaman hortikultura memiliki ciri produk yang segar, tapi mudah rusak alias tidak tahan lama dalam jenis tanamannya.

Jadi, tanaman hortikultura lebih sering mengarah kepada produk-produk konsumsi seperti buah, dan sayuran.

Berbagai Jenis Contoh Tanaman Hortikultura

1. Tanaman Cabai

Tanaman Cabai

Contoh Tanaman hortikultura yang pertaman adalah tanaman cabai, jika ingin budidaya cabai sangat cocok di iklim Indonesia yang sangat terik, tapi jangan sampai lalai dalam menyiraminya supaya tidak kering dan membuat tanaman tersebut mati.

Jika sudah berbuah, kamu bisa langsung menggunakannya untuk masak atau bisa juga di jual untuk menambah penghasilan. 

2. Macam-Macam Bawang

Bawang

Daun bawang, bawang merah, dan bawang putih — tiga macam bawang ini bisa dengan mudah menjadi tanaman hortikultura yang bisa tanam di rumah. Tanaman bawang cocok di daerah yang memiliki iklim kering dan sinar matahari yang cukup.

Selain itu, cara menumbuhkan tanaman hortikultura ini juga sangat fleksibel tentunya dengan lahan kebun yang kecil, misalnya  Awali saja dengan benih jenis bawang yang dikehendaki, lalu persiapkan area tanam baik berupa lahan kecil ataupun di polybag agar simpel. Lakukan penyiraman, dan pemupukan yang teratur.

3. Sayur Sawi

Sayur Sawi

Walaupun bukan tanaman asli Indonesia, tanaman hortikultura sawi tetap menjadi favorit karena sifatnya yang sangat cocok dengan iklim di indonesia, cuaca dan tanah kita. Sawi juga umumnya tahan terhadap hujan, cuaca panas, dan tidak melihat ketinggian dataran supaya bisa tumbuh subur dan hasil maksimal.

Oleh karena itu, budidaya tanaman hortikultura sawi umumnya mengikuti  saja, seperti pertama mengolah lahan, menyiapkan benih, menanam, memupuk, dan memelihara secara rutin lalu panen hasil maksimal.

4. Tomat

Hortikultura Tomat

Sebagai jenis  contoh tanaman hortikultura selanjutnya yang banyak dicoba di masyarakat Indonesia, tomat merupakan produk yang masuk ke golongan yang biasa  dan juga sayuran.

Memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik, tanaman hortikultura ini sering jadi favorit untuk ditambahkan ke dalam masakan.

Ada beberapa varietas tomat yang bisa dijadikan tanaman hortikultura. Yang terpenting adalah kualitas bibit tomat yang berkualitas tinggi. Jadi, pastikan kamu memilih jenis bibit unggul untuk tanaman hortikultura tomat terbaik.

5. Daun Pandan

Hortikultura Daun Pandan

Siapa yang tidak suka dengan tanaman hortikultura yang satu ini?

Memiliki aroma yang sangat unik dan berkhasiat, menanam pandan bisa memberikan berbagai solusi paten untuk rumah tangga. Dimulai dari menjadi bahan masakan  mengatasi sakit, kurang nafsu makan, menetralisir racun, hingga mengusir bau tak sedap dari sekitar rumah.

Pandan juga sangat mudah sekali dalam pembudidayaannya di rumah. Cukup sediakan sepetak tanah atau pot berukuran kesil di lokasi yang teduh dan mudah diairi. 

6. Lidah Buaya

Hortikultura lidah buaya

Tanaman hortikultura yang satu ini juga sangat mudah untuk dicoba ditanam di area rumah, dan memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Hampir sama dengan pandan yang minim perawatan, tanaman lidah buaya cukup ditaruh di daerah yang teduh, tapi tetap terkena sinar matahari supaya bisa tumbuh hingga subur. 

7. Kangkung

Hortikultura Kangkung

hidroponik sekaligus tanaman hortikultura sudah bukan hal baru lagi bagi kita semua. Salah satu jenis tanaman hortikultura yang bisa kamu tanam dengan cara hidroponik adalah tanaman kangkung. Hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 4-6 minggu setelah pembenihan dan kamu sudah bisa panen dan menikmati tanaman hortikultura yang sangat lezat ini.

Nah, itulah contoh tanaman hortikultura yang sangat lengkap semoga bisa menjadi bacaan yang bermanfaat bagi sobat semua.

Posting Komentar untuk "7 Contoh Tanaman Hortikultura"