Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menanam Strawberry Dari Biji

Cara Menanam Strawberry Dari Biji

cara menanam strawberry dari biji meang tidak sulit yang seperti kita bayangkan selain Buah strawberry yang memiliki tampilan yang bagus di pandang yang memiliki warna merah tapi juga memiliki rasa yang segar di mulut. selain itu banyak sekali manfaat buah strawberry.

1. Menjaga kesehatan jantung, Vitamin C dan Anthocyanidins dalam buah strawberry berguna untuk menjaga arteri dari kerusakan dan mencegah pembekuan darah.

2. Mencegah dari penyakit kanker, antioksidan yang terdapat dalam buah strawberry bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

3. Menurunkan kolesterol, zat pembentuk warna dan bau pada strawberry bermanfaat untuk mencegah penyakit cardiovascular.

strawberry umumnya dibudidayakan di kebun oleh para petani, namun tidak ada salahnya jika kita dapat dibudidayakan di pot atau polybag. Secara garis besar cara menanamnya sama saja, hanya media tanamnya yang membedakan. Menanam strawberry dikebun memerlukan usaha yang lebih banyak dibanding menanam strawberry di pot atau polybag, karena harus mempersiapkan lahan tanamnya. Berikut adalah beberapa langkah cara menanam strawberry dari biji dengan benar :

1. Penyiapan Bibit Strawberry 

Mempersiapkan biji strawberry adalah salah satu langkah kunci dalam menentukan hasil, biji stroberi harus berasal dari biji yang tahan terhadap hama atau penyakit, dan terbukti diproduksi. Untuk mendapatkan biji berkualitas, Anda harus segera pergi ke petani stroberi. Ini akan memberikan manfaatnya sendiri, selain Anda bisa mendapatkan benih berkualitas, Anda juga dapat segera mengajukan pertanyaan dan jawaban mengenai trik menanam stroberi untuk menjadi sukses.

Selain petani, Anda juga bisa mendapatkan biji stroberi dari kios yang menjual benih dan obat -obatan pertanian. Pilih biji stroberi yang wadahnya masih bagus, tanggal kedaluwarsa masih panjang, dan tidak ada lubang dalam wadah yang memungkinkan semut atau kutu untuk masuk dan merusak biji stroberi.

Setelah mendapatkan bijinya, langkah selanjutnya adalah memasang biji stroberi. Buatlah tempat penyemaian dengan melonggarkan tanah menggunakan cangkul dan bedeng atau galengan. Area pembibitan disesuaikan dengan jumlah benih yang akan ditanam. Campur kotoran di tanah yang telah dilonggarkan, aduk lagi dan bentuk tanah bibit sampai permukaan rata.

Taburkan biji stroberi secara merata, dan tutup menggunakan tanah halus secara merata dan lapisan penutup tidak boleh terlalu tebal. Buat naungan menggunakan daun atau menggunakan jaring pertanian. Lakukan penyiraman biasa di pagi dan sore hari.

2. Penyiapan Lahan Strawberry

Jika Anda ingin menanam stroberi di tanah kebun, maka Anda harus melonggarkan tanah penanaman dan membuat tempat Galengan. Ukuran galengan adalah lebar 80cm - 100cm dan ketebalan sekitar 30cm, dan panjang disesuaikan dengan area taman yang Anda miliki. Taburkan kotoran dan aduk secara merata. Tinggalkan lahan penanaman yang disiapkan selama 1 minggu sebelum penanaman. Pasang plastik mulsa untuk mengurangi pertumbuhan gulma atau rumput liar. Kemudian buat lubang di plastik sebagai lubang penanaman dengan jarak 30cm di antara lubang.

Jika Anda ingin menanam stroberi dalam pot atau polybag, maka isi pot atau polybag dengan campuran tanah longgar dan pupuk kandang dengan rasio 1: 1. Isi hingga 2/3 bagian dari pot yang diisi. Dan pergi selama 1 minggu sebelum tanam untuk memastikan pupuk dicampur dengan sempurna.

3. Proses Menanam Bibit Strawberry

Apabila benih strawberi sudah siap dipindahkan, kemudian buat pemindahan ke tanah penanaman tetap yang dikehendaki. Pindahkan perlahan -lahan mengikut tapak semaian kecil di akar.

Penanaman perlu dilakukan pada waktu pagi sebelum matahari terbit supaya ia tidak layu, selepas benih ditutup menggunakan sangkar atau abu pembakaran kayu (scrubbed abu), dan melakukan penyiraman biasa pada waktu pagi dan petang.

4. Proses Perawatan Strawberry

Perawatan dilakukan dengan mengganti biji stroberi mati, rumput rumput yang dapat tumbuh, dan pupuk. Pemupukan dapat menggunakan pupuk kimia seperti NPK.

Untuk menghasilkan tanaman stroberi dengan cepat, perlu disembelih pohon stroberi yang panjang. Cutting bertujuan untuk membuat nutrisi yang ada berfokus pada buah.

5. Masa Panen Strawberry

Pohon stroberi akan menghasilkan buah sekitar 4 bulan sejak penanaman, memanen dengan memotong batang buah menggunakan gunting pemotongan khusus atau menggunakan pisau yang tajam.

Buah stroberi dapat digunakan sebagai konsumsi buah langsung saat memanen, juga dapat diproses menjadi makanan atau minuman seperti jus, selai, dan sebagainya.

Itulah beberapa langkah cara menanam buah strawberry dari biji baik di kebun maupun menanam strawberry di pot atau polybag.

Posting Komentar untuk "5 Cara Menanam Strawberry Dari Biji "